Beranda Β» Komputer Β» Networking Β» 10 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik dan Terlaris (Update 2023)

10 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik dan Terlaris (Update 2023)

Kebutuhan primer manusia zaman sekarang seakan bertambah satu lagi, yaitu internet. Internet telah menjadi demikian vital bagi kehidupan manusia modern. Hampir semua bidang yang dikerjakan manusia membutuhkan internet. Kecepatan akses internet yang memadai tentu saja sangat dibutuhkan. Demi tujuan tersebut, tak jarang peranti penguat sinyal WiFi diperlukan. Penguat sinyal WiFi berguna sebagai kepanjangan tangan router induk supaya dapat menjangkau area pancaran sinyal internet yang lebih luas.

Banyak produk penguat sinyal WiFi yang beredar di pasaran. Sebagian dari pembaca mungkin bingung bagaimana memilih penguat sinyal WiFi yang terbaik. Oleh karena itu pada tulisan kali ini kami akan memberikan kiat-kiat tersebut. Namun sebelum membahasnya lebih lanjut, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan peranti penguat sinyal WiFi. Apa itu penguat sinyal WiFi? Bagaimana cara kerjanya? Daripada Anda mendapatkan informasi sepotong-sepotong, mari kita bahas dari awal.

Ada dua jenis peranti penguat sinyal WiFi, yaitu WiFi repeater dan WiFi extender. Masing-masing kami terangkan sebagai berikut:

πŸ‘‰ Klik Disini Untuk Langsung Menuju Daftar Produk

Apa itu WiFi repeater?

WiFi Repeater Pengertian

WiFi repeater adalah alat yang berfungsi menangkap sinyal WiFi dari router induk, kemudian meneruskannya kepada para gawai penerima, seperti ponsel atau laptop. Alat ini dipasang supaya jangkauan sinyal internet pada router induk menjadi lebih luas. Seperti kita ketahui, kadangkala sinyal internet dari sebuah router WiFi terputus bila kita berada di ruangan lain yang berjarak agak jauh. Atau bila terlalu banyak penghalang seperti tembok. Untuk itulah dibutuhkan alat penguat sinyal WiFi berupa WiFi repeater. WiFi repeater akan membantu router induk memperluas jangkauan sinyal internet.

Bila Anda menginginkan hasil pancaran ulang sinyal internet yang maksimal dari WiFi repeater, sebaiknya Anda gunakan WiFi repeater dual band. WiFi repeater dual band berfungsi menangkap sinyal router induk, dan memancarkannya ulang dalam dua frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Bila frekuensi bandwith 2,4 GHz, yang mampu menembus dinding, penuh, maka akan otomatis dialihkan ke frekuensi 5 GHz yang berkoneksi tinggi namun lemah terhadap dinding penghalang. Karena sifatnya menangkap sinyal router induk lalu dipancarkan ulang, membuat hasil pancaran WiFi repeater lebih lemah dibanding sinyal induk.

Apa itu WiFi extender?

WiFi Extender Pengertia

WiFi extender sekilas punya fungsi yang mirip dengan WiFi repeater, tapi sesungguhnya cara kerja kedua alat penguat sinyal WiFi tersebut berbeda. Kalau WiFi repeater konsepnya menangkap sinyal router induk lalu memancarkannya ulang, maka tidak demikian dengan WiFi extender. WiFi extender terhubung langsung, baik secara nirkabel maupun berkabel, dengan router induk dan membuat jaringan WiFi baru. Dengan demikian bandwith-nya tidak berkurang. Tetap sama besarnya dengan router induk. Namun WiFi extender biasanya punya penyetelan yang lebih rumit serta lebih mahal harganya dibandingkan dengan WiFi repeater. Secara sederhana, konsep WiFi extender adalah seperti menambahkan router baru di wilayah yang mati, yang tidak terjangkau sinyal WiFi induk.

Memilih peranti penguat sinyal WiFi yang sesuai

PErangkat Penguat sinyal wifi

Pertama, lihat spesifikasinya. Kita perlu melihat dengan cermat spesifikasi peranti penguat sinyal WiFi sebelum membelinya, karena diperlukan penyesuaian pada kecepatan koneksinya. Sebelum membelinya, pastikan kita mengetahui dulu berapa kecepatan koneksi standar pada router induknya. Setelah mengetahuinya, kita bisa memilih WiFi repeater/extender dengan kecepatan standar yang sama. Perhatikan spesifikasinya pada kemasan produk/lembar panduan. Bila WiFi repeater/extender yang kita beli punya spesifikasi yang tinggi, sedangkan router induknya berada di bawahnya, maka koneksinya tidak akan lebih baik.

Kedua, perhatikan bentuk peranti penguat sinyal WiFi tersebut guna mempertimbangkan lokasi pemasangannya. Terdapat dua model yang bisa dipilih, yakni model colokan (plugin) atau model stasioner (ditaruh). Model plugin langsung menyatu dengan unit perantinya, sehingga dapat langsung dicolokkan pada terminal listrik tanpa kabel penghubung. Kelebihan model ini adalah terlihat rapi, tanpa kabel penghubung. Efisien tempat, karena tidak ada kabel yang mengganggu. Ukurannya unitnya sebaiknya Anda perhatikan. Bila terlalu besar, akan mengganggu penggunaan lubang stop kontak yang lain. Pastikan tempat stop kontak menjangkau area yang ingin Anda pancari sinyal internet dari WiFi repeater.

Model kedua adalah stasioner yang bisa langsung ditaruh di mana saja. Di lantai, di meja, atau di atas lemari pun bisa. Tidak terpancang pada lokasi stop kontak listrik, karena peranti penguat sinyal WiFi ini dilengkapi dengan kabel. Namun karena dihubungkan oleh kabel, tak jarang tampilannya terlihat semrawut dan mengurangi estetika. Bila Anda tidak memusingkan hal tersebut, maka pemilihan peranti model ini cocok bagi Anda yang ingin alat yang lebih fleksibel tempat pemasangannya.

Ketiga, pastikan terdapat tombol WPS pada peranti penguat sinyal WiFi yang kita beli. Tombol WPS, atau singkatan dari Wi-Fi Protected Setup, tersebut berfungsi sebagai pengaman saat menghubungkan peranti penguat sinyal WiFi tersebut dengan perangkat penerima, semisal laptop, ponsel, dll. Terutama pada saat konfigurasi awal penyetelan. Dengan tombol WPS kita dapat menghubungkannya dengan cepat, aman, dan mudah.

Keempat, periksa fitur tambahan pada peranti penguat sinyal WiFi yang diincar. Terdapat beberapa fitur tambahan yang berguna pada WiFi repeater/extender. Contohnya fitur beamforming dan port kabel LAN. Bila dua fitur ini ada, akan menambah kegunaan dari peranti penguat sinyal WiFi tersebut. Fungsi beamforming berguna saat kita ingin memfokuskan sinyal WiFi ke perangkat tertentu saja. Jadi sinyalnya tidak lantas menyebar ke segala arah, tapi diarahkan ke titik tertentu yang sulit terjangkau. Dengan demikian, tempat yang sulit dijangkau tersebut akan mendapatnya sinyalnya. Namun akibatnya, selain area yang dituju tidak akan mendapatkan pancaran sinyal yang baik. Untuk mengembalikannya tinggal menonaktifkan fungsi beamforming. Sedangkan hadirnya fitur port kabel LAN akan bermanfaat saat kita ingin menghubungkan peranti penguat sinyal WiFi tersebut dengan teve atau konsol gim. Dengan demikian tak perlu merentangkan kabel panjang-panjang ke router induk. Cukup hubungkan teve atau konsol gim tersebut via kabel LAN dengan WiFi repeater/extender-nya saja.

Setelah mengetahui kiat-kiat memilih peranti penguat sinyal WiFi yang baik, selanjutnya akan kami berikan rekomendasi peranti penguat sinyal WiFi yang bagus versi kami. Produk-produk ini merupakan yang paling laris di lokapasar pada saat tulisan ini dibuat. Anda dapat memilih produk mana pun di antara rekomendasi tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih dengan cara yang telah kami paparkan di atas.

Profil Ahli : Bagus Aji, Translator, Tech Enthusiast

Informasi pada artikel ini di tinjau, dan disunting oleh Ahli dan disusun oleh tim best-seller.

10 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik dan Terlaris (Update 2023)

  1. Xiaomi Mi WiFi Extender Pro – harga mulai Rp 135.000,-

Penguat sinyal wifi Mi WiFi Extender Pro

Cek Produk di Shopee

Peranti penguat sinyal WiFi yang dikeluarkan oleh Xiaomi ini dapat dibeli dengan harga mulai 135 ribuan saja. Desainnya elegan, berwarna hitam polos, dan tidak akan terlihat mencolok di dinding. Produk ini kompatibel dengan berbagai merek router WiFi mana pun. Membantu meratakan sinyal di ruang-ruang yang sulit terjangkau oleh router induk. Xiaomi Mi WiFi Extender Pro ini dapat mengakomodasi sinyal internet untuk 16 perangkat sekaligus. Cocok untuk keluarga besar atau keluarga kecil yang punya banyak gawai elektronik.

Instalasinya mudah karena bermodel plug-in, tinggal colokkan ke stop kontak sampai lampu indikatornya menyala kuning dan berkedip-kedip. Kemudian lanjutkan penyetelannya sesuai lembar panduan, dengan mengunduh aplikasinya, sampai lampu indikatornya berubah menjadi warna biru. WiFi extender siap digunakan.

  1. Wireless-N WiFi Repeater – harga mulai Rp 69.900,-

Wireless-N WiFi Repeater penguat sinyal wifi

Cek Produk di Shopee

Produk satu ini termasuk murah untuk ukuran peranti penguat sinyal WiFi yang bagus. Oleh karenanya produk bernama Wireless-N WiFi Repeater ini laris manis di pasaran. Bermodel plug-in membuat unitnya mudah digunakan. Tinggal colokkan pada stop kontak, koneksikan dengan router induk lalu voila! WiFi repeater sudah dapat bekerja. Dilengkapi dengan tombol WPS untuk memudahkan konektivitas. WiFi repeater ini cocok untuk bangunan besar dengan beberapa lantai. Bisa membantu router induk mendistribusikan sinyal internet ke seluruh bagian ruangan. Salah satu keunggulan WiFi repeater ini adalah mampu mentransfer sinyal yang tertangkap hingga kecepatan 300Mbps. Sangat memadai untuk bermain gim, menonton film tanpa buffering maupun pekerjaan lainnya. Perangkat penerima dapat berjumlah hingga 20 gawai.

  1. TP-Link TL-WA854RE WiFi Range Extender – harga mulai Rp 157.000,-

TP-Link TL-WA854RE WiFi Range Extender

Cek Produk di Shopee

Tak perlu ragu mempertimbangkan produk WiFi extender dari TP Link ini. Pasalnya produk bernama TP-Link TL-WA854RE WiFi Range Extender ini dijamin dengan garansi resmi 1 tahun dari TP Link Indonesia. Produk ini dirancang untuk memperkuat dan memperluas jangkauan WiFi di rumah Anda berkat fitur Range Extender yang dibawanya. Menghilangkan dead zone, area tanpa sinyal, dengan dukungan pada kecepatan wireless N 300Mbps. Sangat ideal untuk streaming video HD, main gim daring dan mendengarkan musik tanpa jeda. Dilengkapi dengan tombol WPS yang memudahkan konektivitas pada perangkat penerima. Fitur menarik lainnya adalah adanya lima lampu indikator khusus yang menandakan seberapa besar kekuatan sinyal yang diterima oleh WiFi extender. Sinyalnya dapat diidentifikasi dalam tiga jenis penunjuk yaitu best, good, dan bad. Sehingga ada bisa dengan mudah menentukan tempat yang cocok bagi pemasangan alat ini.

  1. TENDA N301 Universal Repeater – harga mulai Rp 132.000,-

TENDA N301 Universal Repeater Penguat WiFi

Cek Produk di Shopee

Tidak berlebihan rasanya menyebut penguat sinyal WiFi ini kecil-kecil cabai rawit. Bagaimana tidak? Dengan dimensinya yang kecil, peranti ini punya banyak keunggulan. Peranti penguat sinyal WiFi bernama Tenda N301 ini berdimensi 127,4 mm x 90,5 mm x 26 mm. Keunggulan pertamanya adalah kemudahan dalam penyetelan. Pengguna tidak perlu paham coding-coding tertentu, atau masuk menu penyetelan yang rumit, tinggal plug and play saja, langsung dapat berfungsi. Keunggulan keduanya adalah peranti ini mempunyai fungsi ganda, bisa digunakan sebagai repeater maupun sebagai router. Supaya berfungsi sebagai repeater, kita bisa menghubungkannya dengan WiFi dalam mode WISP. Setelah terkoneksi dengan access point (AP), kita dapat langsung menyebarkan koneksi ini dengan SSID yang baru. Selain itu, juga bisa digunakan hanya dengan WDS Bridge atau mode Universal Repeater.

Peranti Tenda N301 ini dibekali dengan tombol WPS demi menghadirkan konektivitas yang aman pada perangkat, tanpa harus dilakukan penyetelan yang rumit untuk pengamanan koneksi. Dilengkapi pula dengan mode pengawasan orang tua (parental control), yang memungkinkan pengguna untuk memblokir situs-situs tertentu yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Kecepatan yang dihadirkan oleh peranti ini dijamin lancar dan stabil hingga tingkat 300 Mbps.

  1. Mi WiFi Range Extender AC1200 – harga mulai Rp 222.000,-

Mi WiFi Range Extender AC1200 wifi penguat

Cek Produk di Shopee

Sering mengalami buffering yang konstan karena sinyal WiFi terhalang tembok tebal di rumah? Sudah saatnya Anda mencoba penguat sinyal WiFi dari Xiaomi yang satu ini. Peranti Xiaomi bernama Mi WiFi Range Extender AC1200 ini dilengkapi dengan fitur dual band, yang bekerja pada dua frekuensi 2,5GHz dan 5GHz, sehingga mampu meningkatkan kecepatan akses hingga 1200Mbps. Menghilangkan zona mati di kamar rumah Anda. Fitur smartlink akan menjamin koneksi tetap stabil, yang mempersiapkan koneksi siaga ke router apabila sambungan utamanya gagal. Extender ini akan secara otomatis terhubung ke frekuensi lain yang meningkatkan stabilitas jaringan.

Peranti ini dibekali dengan smart signal indicator yang berupa lampu indikator. Mempermudah pengguna dalam mendeteksi mana lokasi dengan pancaran sinyal terbaik. Sehingga mudah menentukan lokasi pemasangan yang tepat. Berkat colokan ethernet, pengguna dapat menghubungkan pula alat ini dengan teve atau konsol gim. Aplikasi Mi Home disediakan untuk mempermudah penyetelan dan penyiapan peranti WiFi extender ini.

  1. Mercusys MW300RE Range Extender – harga mulai Rp 130.999,-

Mercusys MW300RE Range Extender

Cek Produk di Shopee

Mengambil model plugin, peranti WiFi extender ini dapat langsung dicolokkan pada stop kontak sehingga menghemat ruang dan tidak diribetkan dengan kabel. Mercusys MW300RE Range Extender ini dilengkapi dengan tiga antena eksternal yang mengusung teknologi MIMO (Multi Input Multi Output). Teknologi nirkabel tersebut memberdayakan beberapa pemancar dan penerima untuk mentransfer lebih banyak data dalam waktu yang bersamaan. Sehingga waktu menunggu (loading) saat pentransferan data lebih singkat. Itu yang membedakan peranti penguat sinyal WiFi ini dengan yang lain.

Produk ini memiliki garansi resmi 1 tahun. Bahkan jika terdapat masalah, atau cacat produk, dapat diklaim maksimal 7 hari setelah menerima produk, dengan catatan produk dibeli langsung dari lokapasar TP Link Indonesia. Pemasangan mudah dengan dua langkah atau menakan tombol WPS. Dibekali juga dengan LED berwarna-warni yang dapat membantu menentukan lokasi yang cocok untuk perpanjangan router WiFi Anda.

  1. TENDA A9 WiFi Repeater – harga mulai Rp 75.000,-

TENDA A9 WiFi Repeater penguat wifi

Cek Produk di Shopee

Satu lagi produk peranti penguat sinyal WiFi dari TENDA yang kami rekomendasikan adalah seri A9 WiFi Repeater. Keunggulan produk ini adalah penyetelannya yang sederhana, mudah bagi orang awam. Harganya murah dengan fungsi yang tidak main-main. Kompatibel dengan router merek utama 802.11n nirkabel standar dan DSL WiFi, dan memungkinkan akses dengan kecepatan hingga 300Mbps. Dilengkapi dengan tombol WPS untuk memudahkan konektivitas, dan lampu LED yang memudahkan untuk mencari lokasi pemasangan yang cocok.

Mendukung penyembunyian nama SSID. Lalu, apabila Anda membeli produk ini via lokapasar, pastikan periksa apakah barang baru atau bekas. Bila barang bekas, pastikan fungsinya masih normal, tampilannya bagus dan harganya masuk akal. Baca diskripsinya dengan teliti dan komunikasikan pertanyaan dengan baik kepada penjualnya.

  1. Dings Wireless WIFI Repeater & Extender – harga mulai Rp 123.000,-

Dings Wireless WIFI Repeater & Extender

Cek Produk di Shopee

Dings Wireless WiFi Repeater & Extender ini mudah digunakan dan tidak ribet. Merupakan peranti penguat sinyal WiFi yang berkecepatan tinggi hingga 300Mbps dan efisiensi tinggi. Unit produknya sendiri tahan banting, karena terbuat dari bahan kombinasi ABS + PC yang berkualitas. Modelnya yang kecil cocok untuk penggunakan di rumah sendiri, kafe, apartemen, perpustakaan umum, hotel atau tempat lain dengan jaringan nirkabel internet yang lemah. Peranti ini mampu memperluas jangakauan sinyal pada wilayah mati.

Produk ini dapat digunakan nirkabel maupun dengan kabel. Dengan kabel tentu saja, jaringannya akan stabil. Peranti penguat sinyal WiFi Dings ini dikemas dengan buku manual yang memudahkan pengoperasian.

  1. Tp-Link TL-WR844N Wireless Router – harga mulai Rp 150.000,-

Tp-Link TL-WR844N Wireless Router

Cek Produk di Shopee

Dijamin dengan garansi produk satu tahun dari TP Link Indonesia, membuat peranti penguat sinyal WiFi satu ini layak dicoba. Kompatibel dengan WiFi berkecepatan 300Mbps yang mendukung segala pekerjaan yang membutuhkan internet cepat. Produk ini dibekali dengan dua antena eksternal berteknologi MIMO yang mampu menghantarnya sinyal dengan baik. Memiliki fitur 4 in 1, yang mana punya fungsi sebagai router pendukung, access point, range extender, dan mode WISP yang memfasilitasi kebutuhan Anda terhadap akses internet.

Selain itu produk ini juga memiliki fitur pengawasan orang tua dan guest network, yang mana mampu memisahkan jaringan untuk kita pribadi dengan tamu. Mendukung layanan HD Streaming dengan IGMP proxy/snooping, bridge dan tag VLAN untuk mengoptimasi streaming IPTV. Sudah mendukung Ipv6. Dengan banyaknya fitur yang dimilikinya rasanya tidak rugi untuk mencobanya.

  1. Prolink 3 IN 1 WiFi Repeater Wireless N300 – harga mulai Rp 219.000,-

Prolink 3 IN 1 WiFi Repeater Wireless N300

Cek Produk di Shopee

Prolink adalah merek yang telah lahir sejak 1991, memproduksi produk-produk berkualitas yang telah dipercaya konsumen. Bahkan merek ini mendapatkan penghargaan Top Brand 2016 untuk produk networking. Prolink 3 IN 1 Repeater Wireless N300 ini, sesuai namanya, punya tiga fungsi sekaligus yakni bisa dipakai sebagai repeater, router dan AP. Pemasangannya sangat mudah, tinggal colok ke catu daya dan pengguna dapat segera memperluas dan memperkuat sinyal WiFi dari router induk. Bentuknya yang mungil cocok dibawa bepergian untuk penggunaan di hotel, kantor, dan lain-lain. Produk ini mampu memperluas jangkauan sinyal WiFi hingga 1000 kaki persegi.

Dilengkapi dengan lampu LED untuk mendeteksi kuat lemahnya sinyal WiFi. Prolink 3 IN 1 WiFi Repeater Wireless N300 ini punya dua frekuensi, 2,4GHz dan 5GHz, yang mampu menghadirkan koneksi berkecepatan tinggi hingga mencapai 1200Mbps. Menjadikan pengalaman Anda menonton tayangan HD/4K berjalan mulus, dan bisa bermain gim tanpa ngelag.

 

Demikianlah beberapa rekomendasi kami untuk peranti penguat sinyal WiFi yang terbaik. Dengan menggunakan alat ini, tidak ada lagi zona mati (dead zone) sinyal internet di rumah Anda. Selain untuk digunakan secara pribadi di rumah, peranti-peranti tersebut juga cocok untuk ditempatkan di kafe, kantor perpustakaan maupun tempat lainnya yang tidak mendapatkan jangkauan sinyal WiFi dari router induk.

Dengan memahami pengertian WiFi repeater dan WiFi extender, kini Anda dapat memilih secara pasti kebutuhan Anda. Terkadang ada beberapa produk yang mengusung nama β€œextender” pada kemasannya namun sebenarnya dia WiFi repeater. Hal ini tidak menjadi masalah karena itu hanya peristilahan saja. Pastikan Anda menilik spesifikasi produknya dengan teliti supaya fitur-fitur yang dikandung peranti tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. Apakah fungsi β€œrepeater” saja ataukah β€œextender” yang sebenarnya Anda butuhkan, menilik dari paparan kami di bagian awal tulisan ini.

Semoga tulisan ini membantu Anda dalam menimbang sebelum membeli produk peranti penguat sinyal WiFi yang beredar di pasaran. Harap berhati-hati saat membeli dari penjual daring, pastikan penjualnya kredibel dan memberikan informasi dengan benar. Supaya Anda tidak memperoleh produk yang cacat dan malfungsi.

Leave a Comment