10 Rekomendasi Plester Luka Terlaris Dan Berkualitas Bagus (Update 2024)

Plester memiliki fungsi sebagai penutup luka yang umum digunakan oleh orang-orang. Sakit yang paling sering dialami oleh manusia adalah luka, baik itu luka goresan, luka robek, luka jahitan, atau yang lainnya. Maka dari itu tidak heran yang pasti ada di dalam kotak P3K dimanapun berada yang pasti ada salah satunya adalah plester.

Kini sudah banyak merek yang meramaikan untuk produksi dan penujualan plester dengan jenis yang beragam, seperti hansaplast, hepafix, betadine, dll. Disini kami akan memeberikan beberapa rekomendasi plester yang bagus dan banyak digunakan di instansi medis juga penggunaan pribadi.

Sebelum masuk ke list plester luka mana saja yang bagus dan berkualitas. Sebaiknya anda perlu memahami dulu bagaimana memilih plester yang tepat untuk anda :

👉 Klik Disini Untuk Langsung Menuju Daftar Produk

Kenali jenis dan ukuran lukanya

Mengenali jenis luka yang diderita juga menjadi hal yang penting sebelum anda membeli plester. Pasalnya jika anda membeli plester yang tidak sesuai dengan jenis luka yang anda derita saat ini mungkin tidak akan cocok dalam proses pembalutan lukanya.

Agar plester menjadi lebih efisien digunakan, kenali jenis lukanya. Apakah itu luka ringan, luka berat? Ada dua jenis plester luka yang sebaiknya anda ketahui

  1. Plester dengan pad

Plester luka yang memiliki pad ditengahnya biasanya digunakan untuk luka ringan dengan ukuran yang kecil, sehingga pad tersebut dapat menutupi luka anda. Penggunaannya pun lebih efisien karena otomatis anda tidak memerlukan balutan yang tebal atau luas. Luka pun tertutup dengan baik sehingga resiko infeksi pada luka juga menurun.

 

  1. Plester luka tanpa pad

Plester luka tanpa pad cocok digunakan untuk jenis luka yang besar, dalam atau lebar yang tentu saja dikombinasikan dengan komponen lain seperti kassa, kapas ataupun perban. Plester ini berfungsi sebagai perekat yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keaadaan luka sehingga lebih fleksibel untuk digunakan. Misalnya untuk luka jahitan, luka robek, luka yang dalam, dll.

 

Selain untuk menutup luka, karena fungsinya sebagi perekat, biasanya juga digunakan untuk hal-hal lain dalam medis, seperti perekat kateter, ngt, infus,dll. Makadari itu periksa dulu luka anda, pilihlah jenis plester yang tepat agar pembalutan luka pun lebih maksimal dan resiko infeksinya pun menurun.

Kenali bahan plester

Selain jenis plester, bahan plester juga ada bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan dan luka yang dimaksud. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan plester, pilih sesuai dengan kebutuhan anda saat ini, atau jadikan stock sebagai antisipasi dirumah di dalam kotak P3K.

  1. Plester berbahan kertas

Plester yang berbahan kertas cenderung tipis dan ringan. Untuk fungsinya sendiri tentu sebagai penutup luka, namun kekeurangan yang mungkin anda temukan dari plester ini adalah kekuatan dalam perekatan yang bisa dibilang lebih rendah disbanding plester yang lain.

 

Namun, karena berbahan kertas yang tipis dan ringan tentu plester ni nyaman digunakan dan tidak menyebabkan iritasi di kulit anda karena menempel dengan baik dikulit. Plester ini juga mudahn dilepas, sihingga tidak menimbulkan rasa sakit saat mengganti balutan.

 

  1. Plester berbahan polimer

Plester dengan bahan polimer menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai plester luka. Memiliki keunggulan plester dengan elastisitas yang bagus biasanya digunakan untuk perawatan luka modern. Bahan polimer ini juga dikenal kedap udara dengan daya rekat yang baik sehingga mampu mencegah masuknya bakteri ke dalam luka karena balutan yang rekat dan tertutup rapat.

 

Plester bahan turunan polimer seperti Polyacrylate, hydrocolloid, dan hydrophilic polyurethane  juga merupakan bahan yang sering guanakan untuk membuat plester. Bahan polimer atau Non-woven polyester adalah bahan kain yang memiliki ciri khas teksturnya yang lembut dengan ada sedikit serat. Bahan non-woven ini memiliki kerapatan yang baik untuk menutup luka, namun tetap memiliki pori-pori kecil sehingga udarta tetap bisa masuk dan kulit bisa bernapas. Tetapi tetap menjamin bakteri, kuman dan kotoran masuk ke dalam luka.

Baca Juga  10 Rekomendasi Underpad Terbaik dan Terlaris

 

  1. Plester berbahan tekstil

Plester yang satu ini dibuat dengan serat-serat tekstil yang sisusun dengan rapat. Jika berbicara tentang plester yang memiliki daya tahan kuat tidak mudah robek, maka plester berbahan kain ini adalah plester yang anda maksudkan. Karena dari serat maka plester ini juga elastris dan mampi menyesuaikan dengan bentuk tubuh.

 

Kekurangan dari plester kain ini karena terbuat dari serat, jadi memiliki pori-pori yang bagus dalam menjaga kelembaban kulit namun tidak anti air. Bisa dibilang anda perlu hati-hati dalam pemakaiannya, plester ini akan meresap air, dan jika plester basah maka and harus segera menggangtinya karena plester yang basah akan terlalu lembab dan tidak bagus dan penyembuhan luka.

Memiliki fungsi anti-air

Menggunakan plester yang tidak anti air memiliki resiko basah jika terkena air. Luka yang basah dan terlalu lembab juga menghambat proses penyembuhan. Luka yang keringlah yang bagus penyembuhannya. Dengan memilih plester anti-air maka kelembabannya juga terjaga dan dipastikan luka juga kering walaupun anda beraktifitas yang melibatkan air.

Selain memilih dengan jenis yang anti air, anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan bisa menyebabkan alergi pad kulit atau tidak. Memilih yang terbaik tentunya menjadi prioritas bagi anda apalagi untuk kesehatan.

Profil Ahli : Profesi Ners, Nadia Dwi Cahyani

Informasi pada artikel ini di tinjau, dan disunting oleh Ahli dan disusun oleh tim best-seller.

10 Rekomendasi Plester Luka Terlaris Dan Berkualitas Bagus (Update 2024)

Berikut ini adalah 10 rekomendasi plester yang terlaris, banyak digunakan dan memiliki berkualitas bagus yang cocok digunnakan untuk pembalutan luka. Ingat! Sesuaikan dengan jenis luka yang akan anda balut

  1. Hansaplast Aqua Protect 6’s

Cek Produk di Shopee

Harga mulai dari Rp. 14.083,00

Hansaplast yang merupakan merek besar yang sudah terkenal dipasaran dan memiliki banyak konsumen yang selalu menyediakan berbagai jenis bahan untuk perawatan luka mengeluarkan plester jenis aqua protect yang tahan air. Plester jenis ini adalah plester yang memiliki pad, sehingga cocok untuk luka ringan yang tidak besar.

 

Menjamin perlindungan yang optimal mencegah infeksi pada luka. Tahan air, bacteria shield mencegah masuknya kuman bakteri, rapat, kuat dan elastis. Tampilan elegan yang bening, transparan seperti tidak memakai plester. Tidak perlu khawatir lagi jika Anda akan melakukan mencuci tangan, melakukan aktifitas di air, mandi, bahkan sampai berenang. Luka anda akan terjaga tetap kering, kelembabannya terjaga, kuman dan bakteri juga tidak bisa masuk.

  1. Betadine Plaster Waterproof Transparent

Cek Produk di Shopee

Harga mulai dari Rp. 9.500,00

Merek yang juga banyak dikenal dipasaran dan banyak diminati dikalangan masyarakat untuk produk perawatan lukanya. Betadine meramaikan padaran plester dengan mengenalkan plester waterproof transparent. Plester yang satu ini memiliki jenis yang sama dengan produk yang kami kenalkan sebelumnya.

 

Plester dengan pad yang anti air untuk luka ringan dan kecil. Cocok digunakan untuk anda yang beraktifitas melibatkan air. Tampilannya juga transparan, memiliki daya rekat yang baik mampu mecegah masuknya air, kotoran hingga bakteri sehingga resiko infeksipun rendah.

  1. Hansaplast Sensitive Steril XXL

Cek Produk di Shopee

Harga mulai dari Rp. 9.939,00

Masih dengan plester hansaplast jenis yang lain. Plester yang memiliki pad dengan area luka yang lebih luas. Bisa digunakan sebagai balutan luka post operasi yang tidak besar. Memiliki daya rekat yang baik, tidak membuat iritasi dikulit. Pad yang ada ditengah plaster membantu agar luka tidak lengket di plaster. Plaster yang bersifat steril benar-benari bebas dari kuman, bakteri atau mikroorganisme lainnya.

 

Bisa digunakan untuk segala golongan usia karena tidak memnyebabkan iritasi di kulit yang sensitive. Tidak tahan air, sehingg hati-hati dalam penggunaannya agar tidak terkena air. Jika anda rasa plester kurang lebar, pastikan untuk memilih ukuran yang lebih besar dengan jenis plaster yang sama karena hansaplast juga menyediakan plaster jenis ini dengan berbagai ukuran.

Baca Juga  10 Rekomendasi Termometer Infrared Digital Terbaik & Terlaris (Update 2024)

 

  1. Hansaplast Junior Fun 100s

Cek Produk di Shopee

 

Harga mulai dari Rp. 74.500,00

memiliki gambar dengan karakter lucu di plaster dapat anda gunakan untuk buah hati and jika terluka karena jatuh atau yang lain. Karena ditujukan untuk anak-anak dibuat dengan bahan yang elastis dengan bantalan pad yang lembut dan tidak menempel ataupun mengganjal pada luka.

Terbuat dari bahan tekstil yang berpori-pori sehingga kulit mendapatkan udara untuk bernapas. Walau menggunakan bahan yang nyamn digunakan, daya rekatnya tetap baik mampu melindungi luka anda dari kotoran, bakteri maupun mikroorganisme lainnya,

 

  1. Hansaplast Kain Roll

Cek Produk di Shopee

 

Harga mulai dari Rp. 11.650,00

plester berbahan tekstil tanpa pad yang sebaguna digunakan sebagai perekat atau balutas luka yang dikombinasikan dengan kassa atau kapas sebagai penutup luka. Selain untuk luka dalam medis biasanya sebagai perekat/fiksasi untuk yang lainnya seperti kateter, ngt atau infus sehingga selang tidak tertarik kemana-mana sehingga mempertahankan ditempat tanpa merubah posisi.

 

Terbuat dari bahan yang lentur dan nyaman bisa digunakan sebagai fiksasi dan mampu mendukung dan menstabilkan sendi. Plester ini juga amudah dirobek dengan tangan karena menggunakan bahan yang lembut. Daya rekatnya juga bagus dan erat. Bisa digunakan untuk menutup luka kecil maupun besar.

 

Ukuran lebar atau panjang plester juga beragamn, anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena hansaplast juga meyediakan plester jenis ini dengan ukuran panjang dan lebar yang berbeda. Tentu saja harganya juga terbilang ekonomis tidak jauh berbeda dengan plester lain.

 

  1. Hansaplast Kain Elastis 20’s – Best Value

Cek Produk di Shopee

 

Harga mulai dari Rp. 30.300,00

Berisi 20 lembar dalam satu kotak dengan ukuran plester 8 x 10,6 cm. Digunakan untuk luka kecil dan ringan. Terbuat dari bahan tekstil yang lentur dan lembut. Tidak menyebabkan keterbatasan dalam aktifitas anda. Terbuat dari kain sehingga tidak memiliki fungsi tahan air. Berpori-pori sehingga sikulasi untuk kulit terjaga. Dilengkapi dengan pad tipis sehingga luka tidak lengket dengan plester.

 

Biasanya digunakan untuk luka yang bisa lembuh sendiri. Memiliki fungsi msebagai penutup luka agar tidak terkontasminasi kotoran, bateri atau organisme lainhnya yang bisa menimbulkan infeksi dan lamanya penyembuhan pada luka.

 

  1. OPSITE POST-OP 6,5 cm x 5 cm

Cek Produk di Shopee

Harga mulai dari Rp. 9.350,00

Plester tahan air yang dapat digunakan untuk luka ringan, luka jahitan, luka post operasi, luka bakar ringan, luka goresan, atau sebagai balutan luka sekunder. Diformulasikan sebagai plester steril yang benar adanya antibakteri dengan pad steril ditengah yang difungsikan untuk menutup luka agar tidak lengket dan menyerap cairan yang ada pada luka.

 

Memiliki ukuran 6,5 x 5 cm yang cocok untuk luka dengan diameter kecil saja. Jika menginginkan ukuran yang lebih besar anda juga bisa memilih ukuran yang sesuai dengan luas luka. Karena OPSITE menyediakan plester dengan jenis yang sama namun memiliki ukuran yang berbeda.

 

  1. Keloplast Silicon Keloid Reduction Waterproof

Cek Produk di Shopee

Harga mulai dari Rp. 47.600,00

Berbeda dengan plaster yang sebelumnya, plester ini difungsikan untuk menghilangkan bekas luka kemerahan, kulit gelap, keloid yang disebabkan oleh luka gores, jahit, gores atau luka bakar. Kenapa bisa begitu? Karena plester ini terbuat dari silicon yang diformulasikan dengan gel medis yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka.

 

Penggunaanya hanya dengan tempelkan pad luka atau bekas luka sesuai dengan ukurannya. Tempelkan selama 4 jam di hari pertama dan kedua, untuk hari ketiga dan ke-empat tempelkan selama 8 jam selanjutnya dua hari selanjutnya tempelkan hingga 12 jam.

 

Kemudian, menariknya lagi keloplast bisa dicuci dan dikeringkan dan digunakan kembali selama kondisinya masih bagus (max.2 minggu). Kareba bisa digunakan berulang kali tentu saja lebih hemat dan ekonomis, mengingat manfaatnya yang mampu mengecilkan keloid dan menghilangkan bekas luka. Selanjutnya tingga pemakaian yang teratur hingga keloid kempes.

 

  1. Hypafix 5 Cm X 1 M / Plester Penutup Luka / Perekat Non-Woven

Cek Produk di Shopee

Harga mulai dari Rp. 19.386,00

Plester perekat non woven jenis textil yang sering anda jumpai di instansi medis ini juga banyak digunakan untuk perawatan luka/balutan luka dirumah. Hepafix sendiri memiliki banyak sekali ukuran yang berbeda, untuk penggunaannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan balutan luka dengan luas daerah luka. Untuk yang satu ini memiliki ukuran 5 cm x 1 m, bisa anda potong sesuai diameter luka yang anda butuhkan.

Baca Juga  10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik, Bagus dan Akurat (Update 2024)

 

Dibuat dengan bahan textil, plester yang satu ini tidak tahan air, namun memiliki daya rekat yang erat mampu menutup luka dengan rapat dikombinasikan dengan kasa atau kapas untuk menutup luka kecil hingga lebar. Banyak digunakan oleh tenaga professional medis untuk balutan berbagai jenis luka.

  1. 3M Nexcare Micropore T-21 Perekat Perban & Kasa 1 in x 9M

Cek Produk di Shopee

 

Harga mulai dari Rp. 30.300,00

list rekomendasi plester terakhir adalalah plester perekat kassa dengan bahan kertas. Anti air, berpori-pori halus sehingga kulit anda tetap mendapat udara untuk bernapas. Berbentuk roll sehingga anda bisa memotongnya sesuai dengan kebutuhan dan luas lukanya.

Berbahan kertas yang lembut, tipis dan ringan. Memakai plester seperti tidak memakai plester. Bahan ini juga menjamin hypoallergenic jadi aman untuk kulit sensitive dan lembut di kulit. Dalam pembelian plester ini anda akan mendapatkan plester satu set dengan micropore paper tape, mudah dipotong dengan seberapa panjang yang dibutuhkan. Cocok juga digunakan untuk segala jenis kassa.

 

Itu adalah 10 rekomendasi plester yang berbeda jenis terlaris dan memiliki kualitas yang bagus untuk anda gunakan untuk menutup luka kecil maupun besar. Anda tinggal menyesuaikan dengan jenis dan luas lukanya.

Cara Merawat Luka Yang Baik dan Benar

Membahas tentang luka, cara melakukan perawatan luka yang baik dan benar tentu menjadi perhatian lebih bagi anda agar luka bisa sembuk dengan cepat dan maksimal. Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dalam pembalutan luka/ wound dressing dibagi menjadi beberapa tahap yang perlu anda lakukan.

 

  1. Mencuci tangan dan menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan

Langkah penting yang biasanya tidak dihirauikan atau terlupa. Mencuci tangan dengan sabun sebelum melakukan perawatan luka adalah hal tidakboleh anda lupakan. Sebelumnya jug ajangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan yang akan anda gunakan, dengan itu anda tidak pelu bolak balik untuk mencari bahan yang kurang dan perawatan lebih optimal.

 

  1. Hentikan pendarahan

Luka terbuka biasanya akan mengalami perdarahan kecil atau besar, sebelum menutupnya harusnya anda menghentikan perdarahannya terlebih dahulu karena akan percuma jika anda menutupnya jika darah masih mengalir karena balutan akan basah dan lembab. Walaupun pembalutan juga berfungsi menekan luka supaya perdarahan berhenti, namun untuk perdarahan banyak yang karena luka robek yang besar harusnya anda pergi ke instansi medis dulu untuk menghentikan perdarahan biasanya dengan hecting/penjahitan.

 

  1. Membersihkan luka dan area sekitarnya

Membersihkan luka adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan pembalutan luka. Mengapa? Karena jika luka masih kotor tentu saja luka itu akan terkontaminasi kuman bakteri yang membuat infeksi pada luka.

 

Pertama, bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir. Bersihkan dari kotoran yang menempel di daerah luka maupun sekitar luka. Kedua, bersihkan dengan cairan steril atau antiseptic (misalnya : nacl, betadine, dll). kemudian keringkan daerah luka agar tidak terlalu lembab saat di tutup.

 

  1. Berikan obat yang disarankan oleh dokter

Apabila memiliki luka besar atau dalam biasanya anda memerlukan obat topical yang diresepkan oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan luka, bisa berupa salep atau yang lain. Ingat! Berikan obat yang diresepkan dokter. Jika luka anda termasuk luka ringan atau hanya goresan saja biasanya tidak perlu obat khusus, pastikan saja luka bersih dan sudah diberi antiseptic.

 

  1. Balut luka

Langkah selanjutnya adalah hal yang melibatkan barang yang kita bahas kali ini. Plester, yang berfungsi sebagai penutup luka. Pakai plester dengan bahan yang sesuai luas dan jenis luka anda. Pastikan tutup dengan rapat namun jangan terlalu erat karena akan menekan luka yang bisa menyebabkan sirkulasi terhambat, tidak nyaman yang bisa memperlambat penyembuhan luka.

 

  1. Ganti balutan secara berkala

Perlu kami ingatkan, mengganti luka harus selalu anda lakukan secara berkala dan rutin. Apalagi bagi luka yang basah. Karena cairan dari luka tersebut tidak baik untuk proses penyembuhan luka.

 

  1. Evaluasi keadaan luka

Setiap kali mengganti balutan luka lihat area luka dan sekitarnya apakah semakin baik atau ada tanda tanda infeksi. Apabila ada tanda-tanda infeksi segera periksakan ke unit pelayanan kesehatan terdekat dari rumah anda.

 

Penutup

Selain plaster ketoplast silicon, semua rekomendasi plester diatas adalah sekali pakai, karena termasuk bahan habis pakai anda harus terus men-stock yang baru setiap kali habis. Dalam kotak P3K dimanapun berda dialamnya pasti terdapat plester, kenapa? Karena plester adalah salah satu barang yang wajib anda punya dirumah untuk pemakaian sewaktu-waktu karena mendapatkan sebuah luka adalah hal yang tidak anda duga dan direncanakan.

Walaupun tidak memiliki beragam jenis, pilihlah plaster yang umum digunakan dan multifungsi, sehingga bisa digunakan kapan saja. Pastikan juga sebelum dibalut dengan luka terjaga kebersihannya dan lakukan perawatan luka dengan benar sebagaimana yang sudah kami anjurkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *