booster penguat sinyal antena tv digital

10 Rekomendasi Booster Antena Penguat Sinyal TV Digital Terbaik dan Terlaris (Update 2024)

Mengikuti kebijakan pemerintah soal pematian siaran tv analog, atau ASO (Analog Switch Off) membuat para pemirsa setia tv beramai-ramai membeli set top box. Akan tetapi, kendati set top box sudah terpasang, tetap ada antena yang tidak bisa menangkap siaran tv digital di sejumlah tempat. Hal ini karena lemahnya sinyal di tempat tersebut. Penyebabnya bisa macam-macam. Boleh jadi karena terpencil, jauh dari stasiun pemancar. Atau kemungkinan lain karena adanya gedung-gedung tinggi di sekitar antena, terhalang oleh gunung atau cuaca buruk. Untuk itu diperlukan booster antena, sebagai alat penguat sinyal tv digital supaya siarannya dapat Anda saksikan via pesawat tv Anda.

👉 Klik Disini Untuk Langsung Menuju Daftar Produk

Perlukah Menggunakan Booster Penguat Sinyal Siaran TV Digital?

Booster antena diperlukan bilamana sinyal tv digital benar-benar lemah di tempat Anda. Sebelum memvonis tempatnya lemah sinyal, sebaiknya pastikan dulu posisi antena. Apakah memang sudah tepat menghadap pemancar multipleksing, atau belum. Caranya sudah diinstruksikan pada laman resmi Siaran Digital Kominfo. Yakni dengan mengunduh aplikasi SinyalTVdigital dari Google Play/App Store, lalu jalankan aplikasinya. Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses lokasi Anda. Silakan klik izinkan, lalu aplikasi akan menampilkan peta lokasi Anda.

Pada tampilan tersebut, terdapat beberapa indikator warna yang menunjukkan kekuatan sinyal tv digital di tempat Anda. Anda dapat melihat lokasi pemancar multipleksing di sekitar tempat Anda serta petunjuk untuk mengarahkan posisi antena. Arahkan antena pada sudut yang tepat. Jika sinyalnya berubah bagus, masalah Anda selesai sampai di sini. Namun bila antena Anda masih tetap tidak bisa menangkap sinyal tv digital, Anda tetap memerlukan alat penguat sinyal tv digital alias booster antena.

 

Gambar Standar Kualitas Sinyal TV Digital
Sumber gambar: siarandigital.kominfo.go.id

 

Cara memilih booster antena Penguat Siaran TV Digital

Gambar Booster Antena Penguat Siaran TV Digital

Memilih booster antena yang baik bisa dilihat dari beberapa aspek. Meski konsep kerjanya sama, tapi antara produk satu dengan produk lainnya bisa berbeda proses instalasinya. Tergantung spesifikasi masing-masing. Supaya tak salah pilih, berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih produk booster antena terbaik.

  1. Pilih Penguat Sinyal TV Digital Tipe Indoor atau Outdoor

Pertama identifikasi dahulu kebutuhan Anda terhadap tipe penguat sinyal tv digital. Apakah tipe indoor atau outdoor.

  • Booster TV Tipe Indoor

Booster Tipe Indoor

Bila Anda tinggal di tempat yang masuk dalam jangkauan sinyal tv, tapi sesekali gambarnya menghilang karena sinyalnya melemah sedikit, maka booster antena bertipe indoor lebih pas untuk Anda. Alat ini sekadar meningkatkan sensitivitas penerimaan sinyal sedikit saja. Sifatnya lebih sebagai penstabil sinyal. Booster tipe indoor ini cocok untuk penghuni apartemen atau rusun yang tidak bisa memasang antena luar. Dengan tambahan alat splitter, booster antena indor bisa menstabilkan beberapa unit tv sekaligus.

  • Booster TV Tipe Outdoor

Booster Outdoor Gambar

Booster antena tipe outdoor sebaliknya, cocok untuk Anda yang bertempat tinggal di area yang gelombang radionya amat lemah. Dengan penguat sinyal tipe ini, gelombang radio yang tertangkap di luar rumah diperkuat dulu, baru kemudian disalurkan ke unit tv dalam rumah. Bila instalasi outdoor merepotkan Anda, kami menyarankan untuk memakai jasa ahli dalam pemasangannya.

  1. Perhatikan Spesifikasi Booster Penguat Sinyal TV Digital

Kualitas booster antena ditentukan berdasarkan spesifikasinya. Untuk itu, pengetahuan tentang istilah teknis pada spesifikasi produk sangat penting. Berikut ini adalah beberapa istilah teknis yang biasa terdapat pada kemasan produk booster antena.

  • Gain

Pada sistem pesawat televisi, antena menjalankan fungsi sebagai penerima sinyal elektromagnetik dari ruang bebas (udara/dirgantara), yang mengubahnya menjadi sinyal listrik. Gain adalah kemampuan antena dalam menerima sinyal dari arah tertentu. Makin tinggi nilai gain, makin besar pula penguatan penerimaan sinyalnya. Penguat sinyal tv digital umumnya memiliki nilai gain 27-33 dB (desibel) pada setiap frekuensi. Produk booster antena dengan gain yang besar dapat menerima sinyal tv dengan lebih baik.

  • Input

Periksa apakah produk booster antena yang akan Anda beli punya level input yang dapat diatur. Pengaturan setiap produk berbeda-beda, tergantung fitur yang dimilikinya. Produk yang punya level input dan gain yang dapat diotak-atik akan dapat menyesuaikan dengan nilai outputnya. Sehingga siaran tv digital dapat muncul dengan baik untuk disaksikan. Umumnya besaran nilai input antara nol sampai dengan dua puluh.

  • Output

Nilai output yang tinggi pada booster antena memungkinkannya untuk menangkap sinyal dengan maksimal. Nilai output merupakan batas maksimal di mana sinyal dapat disalurkan secara stabil. Jika melebihi angka itu, sinyal bisa gagal disalurkan. Jadi sebaiknya Anda memilih produk dengan nilai output yang tinggi.

  • Noise figure

Pilihlah produk booster antena dengan angka noise figure rendah. Hal ini turut mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Bila nilai kebisingannya tersebut rendah, maka sinyal yang didapat bagus.

  1. Kompatibilitas

Pastikan Anda memeriksa apakah produk booster antena yang dipilih kompatibel dengan siaran tv digital. Standar siaran tv digital di Indonesia saat ini adalah DVB-T2, generasi kedua sistem transmisi terestrial digital.

  1. Merek

Merek juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih alat penguat sinyal tv digital. Pasalnya, sejumlah merek memang merupakan produsen di bidang periferal tv, seperti antena dan parabola. Dalam rekomendasi kami di bawah, ada merek yang memang sudah terkenal seperti Tanaka, Toyosaki dan Aoki. Merek terkenal dan laris biasanya menjamin kualitas produknya. Namun, tetap saja periksa dulu kompatibilitasnya dengan kondisi tv dan antena Anda.

Profil Ahli : Bagus Aji, Translator, Tech Enthusiast

Informasi pada artikel ini di tinjau, dan disunting oleh Ahli dan disusun oleh tim best-seller.

10 Rekomendasi Booster Antena Penguat Sinyal TV Digital Terbaik dan Terlaris

Berikutnya, kami berikan sejumlah rekomendasi booster antena yang bisa Anda jadikan referensi memilih alat penguat sinyal tv digital rumah Anda. Produk-produk di bawah ini rata-rata kami pilih berdasarkan kualitas unitnya dan testimoni pembeli.

  1. Avanko CATV Signal Amplifier

Avanko CATV Signal Amplifier

Produk ini memiliki dua fungsi, sebagai splitter dan booster. Sebagai splitter, alat ini berfungsi untuk “membagi” transmisi sinyal dari satu antena ke beberapa unit pesawat tv. Avanko CATV Signal Amplifier ini tersedia dalam tiga varian: 2 splitter, 3 splitter atau 4 splitter. Harganya tentu saja berbeda, menyesuaikan jumlah splitternya. Jumlah splitter ditentukan berdasarkan jumlah unit pesawat tv yang ingin Anda beri transmisi sinyal.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Mesin Cuci Murah Berkualitas Tahun 2024

Sebagai booster, alat ini akan memperkuat sinyal pada antena tv Anda. Cara pemasangannya mudah. Terdapat petunjuk instalasinya pada bagian belakang kemasan produknya. Setelah selesai pemasangan, tingkat penguatannya masih bisa kita atur sendiri sesuai kebutuhan dengan memutar kenop merah pada badan alatnya. Cocok untuk dipakai tv merek apapun, baik yang terkenal maupun tidak.

Avanko CATV Signal Amplifier
Harga mulai Rp 52.500,- (2 splitter)
Fungsi booster dan splitter
Pemasangan indoor
Spesifikasi
Keunggulan punya fungsi sebagai splitter, tidak hanya booster saja
Kekurangan Perlu percobaan dengan memutar-mutar kenop merah untuk penerimaan sinyal yang maksimal

 

  1. Taffware Signal Booster HD DVB-T2 TFL-D15

Taffware Signal Booster HD DVB-T2 TFL-D15

Taffware adalah merek lokal Indonesia yang hadir sejak tahun 2012, dan terdaftar atas nama PT Jakarta Digital Nusantara. Meski demikian, produk Taffware tetap berasal dari Tiongkok, langsung dari tangan pertama. Karena itulah harganya murah. Taffware Signal Booster HD DVB-T2 TFL-D15 ini adalah booster antena keluaran perusahaan tersebut. bentuknya kecil, minimalis, sehingga tidak makan tempat. Berwarna hitam, sehingga tidak terlalu menonjol. Booster antena ini dibekali dengan cip pintar penguat sinyal yang mampu menangkap sinyal hingga 60 mil. Pemasangannya mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun.

Taffware Signal Booster HD DVB-T2 TFL-D15
Harga mulai Rp 50.100,-
Fungsi booster
Pemasangan indoor
Spesifikasi Frekuensi siaran DVB-T, ISDB-T, DMB-T/H, ATSC, DAB/FM radio HDTV; Gain 36 dB; Output 100 dBμV
Keunggulan Bentuknya kecil dan pemasangannya mudah
Kekurangan Harus menyediakan USB port sebagai sambungan pada sumber daya

 

  1. Booster TV Smart AOKI ATSP01

Booster TV Smart AOKI ATSP01

Booster antena ini juga hadir sebagai salah satu penguat sinyal tv digital yang bisa Anda andalkan. Mereknya AOKI ATSP01 yang ditawarkan dengan harga terjangkau, di bawah 100 ribu. Dalam kemasan produknya kita akan diberi tiga macam item, yaitu satu buah booster/adaptor, yang sudah dilengkapi dengan kabel tv sepanjang dua meter. Lalu satu buah smart chip yang unitnya bakal kita pasang di antena sebagai penguat sinyal tv digital. Dan terakhir, satu buah sambungan konektor F (dari TV RCA ke konektor F). Namun apabila Anda sudah punya kabel sambungan dengan konektor F, maka tidak perlu memakai konektor F bawaan produknya. Sedangkan kalau tak punya, pakailah konektor F pada produk tersebut, lalu sambungkan ke adaptor.

Baca Juga  7 Dispenser Galon Bawah Terbaik

Booster antena ini dibekali dengan dua jalur untuk dua unit tv yang mengandalkan satu antena. Cara kerja alat ini meningkatkan sinyal dari antena ke tiap-tiap unit tv tersebut, sehingga transmisi yang didapat oleh setiap unit stabil. Pemasangannya cukup mudah, seperti memasang kabel antena biasa.

Booster TV Smart AOKI ATSP01
Harga mulai Rp 58.800,-
Fungsi booster dan splitter untuk dua tv
Pemasangan Indoor dan outdoor
Spesifikasi
Keunggulan Pemasangan mudah
Kekurangan tidak cocok digunakan pada antena tv yang sudah ada boosternya

  1. Booster Antena Toyosaki TYS-999

Booster Antena Toyosaki TYS-999

Toyosaki punya sejumlah tipe produk periferal tv, salah satunya adalah booster antena Toyosaki TYS-999. Booster antena ini kompatibel untuk berbagai jenis tv, baik tv tabung, tv LED, tv LCD maupun tv plasma. Punya tingkat gain hingga 46 dB, serta angka output 118 dBμV. Fungsinya menguatkan penerimaan frekuensi siaran tv digital terestrial antena Anda. Pemasangannya agak merepotkan bagi Anda yang awam, karena harus potong-potong kabel. Lebih baik minta tolong pada teknisi tv. Atau bila mau tetap mencoba pasang sendiri Anda bisa mencari video tutorialnya di internet. Karena pemakai booster ini cukup banyak, tak sulit menemukan tutorianya di internet.

Booster Antena Toyosaki TYS-999
Harga mulai Rp 62.000,-
Fungsi Booster
Pemasangan Outdoor
Spesifikasi Frekuensi siaran UHF, VHF, DVB; Gain 46 dB; Output 118 dBμV
Keunggulan bentuknya kompak, punya tombol on-off di belakang unit
Kekurangan pemasangan sulit

 

  1. Power Supply Booster Antena TV Intra INT-852

Power Supply Booster Antena TV Intra INT-852

Booster antena Intra INT-852 cocok untuk semua antena remote. Produk ini dirancang khusus sesuai dengan frekuensi tv Indonesia (VHF dan UHF). Pemasangannya cukup di dalam ruangan, membuatnya mudah digunakan. Cocok untuk segala jenis tv, baik keluaran lama yang bermodel tabung, maupun keluaran baru yang bermodel LCD, LED atau Smart TV. Tingkat gain dapat diatur-atur sesuai kebutuhan. Desain produknya sederhana dan rangkanya kuat. Dilengkapi dengan remote yang bisa mengontrol unit dari jarak jauh hingga 6 meter. Bila Anda mencari booster antena dengan tenaga lebih super yang pakai terminal tembaga, maka tak salah jika menjatuhkan pilihan pada Intra INT-852 ini. Kualitasnya premium untuk di kelasnya.

Power Supply Booster Antena TV Intra INT-852
Harga mulai Rp 43.950,-
Fungsi booster
Pemasangan indoor
Spesifikasi Frekuensi 70-860 MHz; VHF dan UHF Gain 18-30 dB; Output maksimal 95 dBu
Keunggulan ada remote, bisa dikontrol dari jarak jauh
Kekurangan Baterai remote belum termasuk;

 

  1. Booster Antena Intra INT-909

Booster Antena Intra INT-909

Satu lagi alat penguat sinyal tv digital yang kami rekomendasikan, Intra INT-909. Booster Antena Intra INT-909 ini punya kualitas super, karena menggunakan komponen transistor buatan Jepang yang tak perlu diragukan lagi. Alat ini mampu meningkatkan penerimaan sinyal pada antena tv Anda dengan maksimal. Cocok untuk segala jenis antena, mulai dari yang manual hingga model remote. Pada bagian dalam unitnya, terdapat bagian untuk mengatur tingkat gain. Sehingga bisa menyesuaikan kondisi sinyal di tempat Anda.

Booster antenna Intra INT-909 punya kekuatan gain antara 40-46 dB. Tingkat outputnya hingga 110 dB, bahkan dapat mencapai 200 dB. Supaya alat ini bekerja dengan baik, pastikan Anda menggunakan kabel coaxial 75 ohm. Bila tidak, booster antena ini tidak akan bekerja dengan maksimal. Booster antenna sebaik apapun, bila tidak didukung dengan perangkat pemasangan lain yang berkualitas bagus tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Mesin Cuci Top Loading Terbaik Tahun 2024
Booster Antena Intra INT-909
Harga mulai Rp 59.152,-
Fungsi booster
Pemasangan outdoor
Spesifikasi Gain 40-46 dB; Output 110 dBμV; mendukung siaran DVB, DTT, TNT, ATSC, ISDB-T
Keunggulan Ada pengatur gain di bagian dalam; cocok untuk segala jenis antena manual dan remote
Kekurangan Pemasangan rumit

 

  1. JMA CATV Signal Amplifier & Splitter

JMA CATV Signal Amplifier & Splitter

Bentuk booster antena JMA CATV Signal Amplifier & Splitter ini persis dengan rekomendasi nomor satu di atas. Hanya mereknya saja yang terlihat berbeda. Jadi, jangan keliru membedakannya. Booster antena JMA CATV ini cocok untuk segala jenis merek tv dan antena. Cocok juga untuk dipasang besanding dengan STB (Set Top Box) DVB-T2 atau dekoder Nexmedia. Pemasangannya mudah, bahkan bagi orang awam sekalipun. Tidak perlu dibantu oleh teknisi. Alat penguat sinyal tv digital ini juga memudahkan bila Anda memiliki beberapa unit pesawat tv yang hanya mengandalkan satu antena luar. Sebab selain sebagai booster, alat ini juga berfungsi sebagai splitter dengan output dua tau tiga jalur. Sehingga pada masing-masing jalur transmisi sinyalnya tetap besar dan stabil. Booster antena ini merupakan produk yang cukup laris di pasaran.

JMA CATV Signal Amplifier & Splitter
Harga mulai Rp 55.000,- (2 splitter)
Fungsi Booster dan splitter
Pemasangan Indoor
Spesifikasi Gain 20dB; frekuensi siaran CATV dan DBV
Keunggulan punya fungsi sebagai splitter, tidak hanya booster saja
Kekurangan Perlu percobaan dengan memutar-mutar kenop merah untuk penerimaan sinyal yang maksimal

 

  1. Penguat Sinyal Booster Tanaka WB 38 TG

Penguat Sinyal Booster Tanaka WB 38 TG

Produk booster antena Tanaka WB 38 TG ini adalah produk yang familiar. Sudah banyak rumah tangga menggunakannya. Produk ini merupakan salah satu booster antena yang terlaris di pasaran. Bila tempat tinggal Anda jauh dari stasiun pemancar tv, boleh juga mengandalkan alat ini untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal pada antena Anda. Tingkat gain yang bisa dicapainya tidak main-main, menyentuh angka 148 dB. Cukup tinggi untuk menyokong Anda yang bertempat tinggal di daerah miskin sinyal tv digital. Supaya bekerja dengan baik pemasangannya ditautkan pada tiang antena luar. Alat ini sudah dilengkapi dengan pengait untuk menautkannya.

Penguat Sinyal Booster Tanaka WB 38 TG
Harga mulai Rp 60.000,-
Fungsi Booster
Pemasangan Outdoor
Spesifikasi Frekuensi siaran UHF, VHF, DVB, FM; Gain 148 dB
Keunggulan Sudah lazim digunakan sejak lama
Kekurangan Instalasinya rumit

 

  1. Power Supply & Booster Sanex WA-850TG

Power Supply & Booster Sanex WA-850TG

Rekomendasi berikutnya adalah Power Supply & Booster Sanex WA-850TG. Produk ini dikatakan punya low noise dan hi gain. Bekerja pada frekuensi VHF dan UHF, sesuai dengan gelombang sinyal siaran televisi kita. Cocok digunkan untuk semua jenis antenna remote. Produk ini sudah mengantongi sertifikat SNI sehingga terjamin.

Alat penguat sinyal tv digital Power Supply & Booster Sanex WA-850TG ini dikemas dalam boks merah berukuran 15 x 14 x 5 cm. Isi dalamnya termasuk satu buah power supply, satu buah remote control, satu buah steker berkabel sepanjang 75 cm, dan satu buah colokan antena tv berkabel sepanjang 95 cm.

Power Supply & Booster Sanex WA-850TG
Harga mulai Rp 44.135,-
Fungsi Booster
Pemasangan Indoor
Spesifikasi Frekuensi siaran UHF, VHF
Keunggulan Pemasangan mudah
Kekurangan

 

  1. Booster Antena PF DX W9900

Booster Antena PF DX W9900

Dalam kemasan produk Booster Antena PF DX W9900 ini terdapat dua unit yang harus dipasang, yang satu pada bagian indoor dekat tv, dan satunya lagi di outdoor bersama antena. Produk ini menawarkan fitur filtrasi sinyal-sinyal yang masuk tertangkap oleh antena. Pada unit indoor-nya terdapat komponen khusus berupa kumparan-kumparan yang berfungsi meredam sinyal liar yang masuk. Sehingga sinyal yang dihasilkan “bersih”, tidak terganggu oleh noise. Tentu saja ini membuat siaran tv digital dapat muncul dengan baik pada layar tv pengguna. Pada unit outdoor, terdapat tombol untuk memilih sinyal VHF atau UHF. Produk ini bekerja dengan bagus bila disandingkan dengan antena PF, tetapi Anda pengguna antena selain PF juga tetap bisa menggunakan alat ini.

Booster Antena PF DX W9900
Harga mulai Rp 128.700,-
Fungsi Booster
Pemasangan Indoor dan outdoor
Spesifikasi Frekuensi siaran UHF, VHF; Gain 38-48 dB; Output 145 dBμV
Keunggulan Adanya fitur filtrasi terhadap sinyal liar; ada tombol on-off yang membuatnya praktis
Kekurangan Proses pemasangan rumit

 

Itu tadi adalah sepuluh rekomendasi alat penguat sinyal tv digital yang bisa Anda pilih. Secara umum, supaya kinerja booster antena tersebut maksimal, pastikan Anda memasangnya pada area yang tingkat inputnya stabil. Unit outdoor sebaiknya dipasang di bawah antena luar. Syukur-syukur Anda bisa memastikannya untuk terhindar dari gangguan angin dan hujan. Sehingga unitnya lebih awet. Begitu pun unit indoor, usahakan sedekat mungkin dengan antena. Jauhkan dari kebisingan, karena ini akan mempengaruhi kualitas penerimaan sinyal tv digital. Penerimaannya sangat dipengaruhi oleh tempat instalasi antena dan boosternya.

Hal yang perlu Anda ingat lagi adalah bahwa kinerja masing-masing produk bisa berbeda, antara satu pengguna dengan pengguna lain. Hal ini utamanya dipengaruhi oleh kondisi sinyal di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Sehingga kadang-kadang diperlukan penyetelan tambahan bagi sebagian pengguna supaya sinyal yang dapat ditangkap lebih bagus dan stabil.

Video Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *