Rekomendasi Head Unit Android Terbaik

10 Rekomendasi Android Head Unit Terbaik, Bagus dan Murah (Update Terbaru 2024)

Mengendarai mobil terlalu lama kadang-kadang menjemukan. Belum kalau kena macet di jalan, pasti bosan dan mati gaya kala menyetir sendiri tanpa penumpang. Hiburan dalam mobil dari perangkat Android Head Unit bisa menyelamatkan Anda dari kebosanan semacam itu. Head Unit Android Terbaik bisa Anda manfaatkan sebagai teman menyetir mobil. Mendengarkan musik, siniar, atau radio. Juga menonton video, mirroring ponsel, bahkan navigasi mobil atau membuka peta daring. Semuanya bisa dilakukan dengan perangkat tersebut.

👉 Klik Disini Untuk Langsung Menuju Daftar Produk

Apa Itu Head Unit?

Apa Itu Head Unit - cnet

Begitu mungkin pertanyaan yang terbesit di benak pembaca yang baru mendengar istilah head unit. Head unit adalah perangkat multimedia yang terpasang pada dasbor mobil. Biasanya terletak di sebelah kiri kemudi. Head unit ini ada yang memang bawaan dari pabrik mobil, tapi ada juga yang merupakan aksesori tambahan yang dibeli sendiri. Head unit ada dua model, single DIN dan double DIN. DIN singkatan dari Deutsches Institut fur Normung, dipakai sebagai standar ukuran head unit mobil yang berlaku internasional.

Head unit Single DIN adalah head unit generasi awal yang banyak terdapat pada mobil keluaran 2005 ke bawah. Biasanya hanya mendukung untuk perangkat pemutar CD/DVD, USB, dan radio saja. Ukurannya berkisar 180 x 50 mm. Sedangkan Head Unit double DIN, ukurannya lebih besar. Berkisar 180 x 100 mm. Biasanya terdapat pada mobil keluaran terbaru tahun 2005 ke atas. Karena ukurannya yang lebih besar, slot head unit ini mendukung untuk dipasangi layar sentuh dan menyajikan jenis hiburan yang lebih banyak. Termasuk menonton video dan menavigasi mobil. Mobil dengan head unit single DIN harus diberi rangka khusus, yang dijual terpisah, bila ingin upgrade ke double DIN.

Berbicara tentang head unit model baru, yang paling digemari orang saat ini adalah Android Head Unit. Head unit ini digemari lantaran menggunakan sistem operasi berbasis Android, yang sudah familiar bagi banyak orang. Tampilannya mirip ponsel Android, dan kemudahannya dalam sinkronisasi terhadap ponsel tersebut menjadi daya tarik utama perangkat ini. Bahkan kabarnya Head Unit Android mulai masuk sebagai item OEM (Original Equipment Manufacturer) pada sejumlah mobil terbaru. Sedangkan Head Unit Android aftermarket yang bisa dibeli punya banyak pilihan merek. Mana di antara merek tersebut yang terbaik, tentu diperlukan kejelian dalam memilih. Berikut ini kami berikan hal-hal yang sebaiknya Anda periksa dulu sebelum membeli Head Unit Android.

Hal yang perlu diperiksa saat memilih Android Head Unit

Jangan sembarangan memilih produk Head Unit Android. Kalau tidak hati-hati bukan untung yang didapat, malah buntung. Pasalnya Head Unit Android yang bagus belum tentu mahal, dan yang mahal belum tentu bagus. Sesuaikan selalu dengan kebutuhan Anda. Bila hanya fitur sederhana yang dibutuhkan misalnya, tak harus membeli yang kompleks bukan? Maka pastikan dulu dengan melihatnya dari beberapa hal berikut:

  1. Ukuran Layar dan Resolusi

Resolusi Layar Head Unit Android

Anda harus memastikan dulu seberapa besar slot head unit mobil Anda. Bila mobil Anda keluaran tahun 2005 ke atas, biasanya sudah mendukung head unit double DIN. Sedangkan bila mobil Anda keluaran di bawah tahun 2005 dan slot head unitnya masih single DIN, Anda harus membeli rangkat tambahan supaya bisa memasang Head Unit Android.

Selain itu tentukan ukuran layar yang Anda inginkan. Ada Head Unit Android yang berukuran layar 7 inci dan ada pula yang 10 inci. Tentunya makin besar ukuran layar, maka makin mahal pula harganya. Dan harus sesuai dengan dasbor mobil. Sehingga terkesan pas saat dipasang. Bila perlu, perhatikan juga resolusi layar yang dimiliki oleh produk tersebut. Umumnya Head Unit Android dibuat dengan resolusi layar 1024 x 640 piksel yang sudah mendukung IPS (In-Plane Switching) screen, yang merupakan tipe LCD terbaik yang menampilkan warna lebih akurat dan bisa ditonton dari sudut manapun dengan tetap mempertahankan kualitas tayangan. Namun, sekarang sudah ada yang hadir dengan layar beresolusi 1280 x 720 piksel. Dengan resolusi yang lebih besar, maka gambar yang tampil akan lebih jernih dan detail. Saat ini yang paling laris di pasaran adalah Head Unit Android 7 inch, Head Unit Android 9 inch dan Head Unit Android 10 inch.

  1. Fitur

Gambar Tentang Fitur-Fitur Head Unit

Alasan seseorang membeli Head Unit Android adalah keragaman hiburan yang dikandungnya. Tentunya kecewa dong, kalau cuma pasang head unit yang fiturnya nggak jauh berbeda dengan yang bawaan pabrik, yang biasanya minim fitur. Head Unit Android benar-benar bisa berfungsi laiknya ponsel pintar. Tidak hanya mendengarkan radio, musik, atau menonton video saja. Anda bahkan bisa membuka medsos dan melakukan panggilan telepon. Namun tentu saja, Head Unit Android yang akan Anda beli harus mempunyai fitur mirroring yang kompatibel dengan ponsel Anda. Dengan menyinkronkan ponsel kepada head unit membuat Anda lebih bisa fokus menyetir dan tidak terganggu dengan gawai ponsel. Kompatibilitas head unit terhadap ponsel ini masuk ke hal berikutnya yang harus Anda perhatikan.

  1. Kompatibilitas dengan ponsel

Gambar Head Unit Yang Support Android Auto dan Apple Carplay

Saat ini fitur head unit yang paling diandalkan adalah kompatibilitasnya dengan ponsel pribadi. Sehingga mata dan tangan tak perlu lagi sibuk dengan ponsel saat mengemudi. Cara menghubungkan ponsel dengan head unit ada beberapa cara, di antaranya menggunakan kabel USB, kabel Aux-in, kabel HDMI, koneksi bluethooth dan mirroring. Pilihan cara ini tergantung dari fitur yang dibawa oleh head unitnya. Jadi, periksa Head Unit Android yang ingin Anda beli. Apakah mendukung semua cara itu, atau hanya sebagian saja. Tentunya ini juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seberapa jauh Anda ingin menyingkronkan ponsel pribadi Anda dengan head unit. Apakah hanya untuk mengakses folder musik, video saja, atau sampai ke fungsi panggilan telepon.

Baca Juga  5 Rekomendasi Subwoofer Mobil JBL Terbaik, Suara Bass Mantap Harga Terjangkau

Bila memungkinkan, coba tanyakan ke penjualnya, head unit yang Anda sukai bisa sinkron dengan ponsel Anda atau tidak. Kadang-kadang versi sistem operasi Androidnya juga turut mempengaruhi kompatibilitas Head Unit Android dengan ponsel Anda.

  1. Processor dan memori

Bila Anda mau lebih detail lagi, pertimbangkan jenis prosesornya juga. Head Unit Android biasanya dibekali dengan prosesor T3 Quad Core. Salah satu produsen yang membuat cip prosesor tersebut adalah Allwinner. Selain quad core, diproduksi juga jenis prosesor hexa core, dan octa core. Rockchip merilis PX 6 octacore yang disinyalir lebih unggul ketimbang T3-nya Allwinner.

Performa terbaik head unit tak hanya ditentukan oleh prosesornya saja, melainkan juga dipengaruhi oleh besar memori RAM dan ROM-nya juga. Makin besar ukuran RAM, dan ROM-nya, makin lancar juga performa pengoperasian Head Unit Android.

  1. Merek

Riset merek diperlukan untuk mengetahui produk mana yang berkualitas baik dan cenderung disukai oleh para pengguna. Perlu membandingkan, setidaknya dari tiga merek, mana yang paling banyak dibeli karena kualitasnya bagus. Tidak ada salahnya membaca beberapa testimoni yang ada sebelum Anda membeli. Kalau perlu cari ulasan tentang produk tersebut. Kami pun menyajikan beberapa rekomendasi merek Head Unit Android di bagian akhir tulisan ini. Jangan sampai dilewatkan.

  1. Anggaran

Sudah pasti ada harga ada rupa. Tapi tak perlu gelap mata juga, kalau head unit yang Anda minati berharga jauh di atas anggaran Anda. Sedangkan sebenarnya kebutuhan Anda tidak sebanyak fitur yang ditawarkan oleh head unitnya. Nanti Anda sendiri yang repot kalau membeli Head Unit Android yang melebihi batas anggaran. Banyak kok, produk yang harganya terjangkau namun punya fitur yang bagus. Jadi, selalu cocokkan kebutuhan Anda dengan fitur-fitur head unit yang mau dibeli dan sesuaikan pilihannya dengan anggaran Anda.

Hal-hal di atas dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli perangkat Head Unit Android. Sebagai referensi, berikut ini kami sertakan pula beberapa rekomendasi produk Head Unit Android terbaik dan terlaris berdasarkan pengamatan kami.

Profil Ahli : Bagus Aji, Translator, Tech Enthusiast

Informasi pada artikel ini di tinjau, dan disunting oleh Ahli dan disusun oleh tim best-seller.

10 Rekomendasi Android Head Unit Terbaik dan Terlaris

  1. Head Unit Android 2/32 Gearelec Model 9210S-J

Head Unit Android 2 32 Gearelec Model 9210S-J

Produk head unit dari Gearelec ini mengusung Android 10.1 sebagai sistem operasinya. Cocok dipasang pada berbagai tipe mobil seperti Calya, Agya, sampai Fortuner. Desainnya yang elegan membuat dasbor Anda kelihatan mewah. Produk Head Unit Android Gearelec ini dibekali dengan banyak fitur yang menarik. Seperti radio (FM), dukungan USB Flashdisk, bluetooth, navigasi GPS, dukungan AUX belakang dan output audio RCA yang dapat terhubung ke subwoofer, dan lain-lain. Berbekal memori RAM 2GB dan ROM 32GB, memungkinkan Anda untuk menginstal aneka aplikasi dari playstore laiknya ponsel. Yang tak kalah menarik, terdapat fungsi pembelajaran roda kemudi mobil asli dan 21 jenis opsi tema yang dapat diganti-ganti. Tersedia dalam pilihan ukuran layar 7 inci, 9 inci dan 10 inci.

Baca Juga  5 Rekomendasi Head Unit Single Din Terbaik untuk Mobil Anda
Head Unit Android 2/32 Gearelec Model 9210S-J
Harga mulai Rp 760.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 10.1, A7 1.3GHz x 4
Layar 7 inci/9 inci/10 inci, 1024 x 600
Penyimpanan RAM 2GB (DDR3), ROM 32GB (juga tersedia versi RAM 1GB/16GB)
Keunggulan Fitur banyak dan 21 opsi tampilan tema
Kekurangan Ada sebagian pengguna yang merasa pengoperasiannya lemot

 

  1. Head Unit Lalahoo 2/32 Android

Head Unit Lalahoo 2 32 Android

Produk Head Unit Android ini sudah mendukung semua mobil double DIN 12V. Semua mobil kecil setelah tahun 2003 umumnya kompatibel dengan head unit ini. Tersedia dalam tiga ukuran layar, yakni 7 inci, 9 inci dan 10 inci. Pilihlah sesuai dengan ukuran dasbor mobil Anda. Head Unit Lalahoo ini memungkinkan Anda untuk menggunakan peta Indonesia, dengan mengunduh paket peta offline dan mengunakannya tanpa internet. Namun bila tetap ingin memakai GPS daring juga bisa, misalnya Google Maps. Google Maps terinstal dalam perangkat, Anda hanya perlu menggantinya secara manual. Karena sistem yang dipakai Android, tentu saja Anda juga bisa menggunakan GPS Waze, iGo, Yandex atau peta lainnya yang bisa diunduh dari Google Playstore. Secara default pengoperasiannya dalam bahasa Indonesia, tapi bahasa Inggris pun juga ada dalam setelan.

Head Unit Lalahoo 2/32 Android
Harga mulai Rp 900.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 12, quad-core AC8227L Cortex-A7, frekuensi utama 1.1GHz
Layar 7 inci/9 inci/10 inci, IPS Screen
Penyimpanan RAM 2GB, ROM 32GB
Keunggulan Mendukung peta Indonesia, bisa diunduh dan digunakan offline; tampilan antar muka hingga 16 tema
Kekurangan Pada sebagian tipe mobil pemasangannya tidak pas (seperti Grand Max dan Innova 2010). Harap pastikan dulu tipe mobil Anda dan konsultasikan kepada penjual

 

  1. Head Unit Android 7inch DHD-7001

Head Unit Android 7inch DHD-7001

Laiknya Head Unit Android lain, produk bermerek DHD-7001 ini juga memungkinkan Anda untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dari Google Playstore. Dilengkapi dengan fitur mirrorlink dan wireless mirrolink yang bisa membuat Anda mengontrol ponsel pribadi dari head unit. Layar pada head unit ini adalah layar sentuh full glass panel berukuran 7 inci. Terdapat fitur shortcut aplikasi, yang mana ikon aplikasi dapat ditempatkan di halaman utama dan diubah letaknya sesuai preferensi Anda. Dibekali dengan bluetooth A2DP yang dapat digunakan untuk mendengarkan musik atau telepon.

Head Unit Android 7inch DHD-7001
Harga mulai Rp 715.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 10
Layar 7 inci
Penyimpanan RAM 1GB/16GB
Keunggulan Harga terjangkau di kelasnya
Kekurangan Memori penyimpanan kecil, menurunkan performa bila aplikasinya terlalu banyak

 

  1. Head Unit Android PCX RAM 2GB

Head Unit Android PCX RAM 2GB

Head Unit Android satu ini punya layar sentuh full glass panel dengan dua ukuran yang bisa dipilih, yakni 9 inci dan 10 inci. Dijalankan dengan sistem operasi Android 10, Head Unit PCX berkapasitas RAM 2GB ini bisa diberi instalasi aplikasi-aplikasi Android pada umunya dari Google Playstore. Dilengkapi dengan fitur mirrorlink dan wireless mirrorlink, Anda bisa mengontrol ponsel pribadi dari Head Unit. Fitur shortcut aplikasi dan Bluetooth A2DP yang memudahkan panggilan telepon serta mendengarkan musik sudah pasti ada. Mendukung fungsi kamera mundur, steering wheel dan split screen.

Head Unit Android PCX RAM 2GB
Harga mulai Rp 1.000.000,- (10 inci)
Sistem operasi dan Prosesor Android 10
Layar Tersedia ukuran 9 inci atau 10 inci
Penyimpanan RAM 2GB, ROM 16GB
Keunggulan Garansi 1 tahun dari importir resmi; fitur shortcut aplikasi
Kekurangan

 

  1. Head Unit Android SKELETON SKT-8189

Head Unit Android SKELETON SKT-8189

Head Unit Android Skeleton SKT-8189 ini punya fitur voice command, yang mana Anda dapat memberikan perintah lewat suara. Dibekali dengan fitur bawaan yang cukup memadai untuk ukuran head unit di kelasnya. Seperti mirrorlink, touch screen, tampilan 1080 full HD, Bluetooth yang bisa untuk menelepon maupun menyetel musik, built in WiFi, koneksi ke remote stir, dan lain-lain.

Tersedia dalam dua pilihan ukuran layar, 9 inci dan 10 inci, yang keduanya masih tetap dalam kisaran harga di bawah satu juta saat tulisan ini dibuat. Head unit ini termasuk barang yang cukup laris di lokapasar. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa memperoleh head unit yang bagus.

Head Unit Android SKELETON SKT-8189
Harga mulai Rp 900.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 10, Quad Core
Layar 9 inci/10 inci, 1024 x 800, 1080 Full HD
Penyimpanan RAM 1GB (DDR3), ROM 16GB
Keunggulan Voice command, konek remot stir, garansi 1 tahun dari importir resmi
Kekurangan Memori penyimpanan kecil

 

  1. Head Unit Android 10inch DHD-7001

Head Unit Android 10inch DHD-7001

Produk ini merupakan versi yang lebih besar dari rekomendasi nomor tiga, yakni berukuran layar 10 inci. Dengan harga sekitar 800 ribuan, Head Unit Android DHD-7001 10 inci tersebut masih layak dipertimbangkan sebagai peranti penyedia hiburan di mobil Anda. Head Unit Android ini dijalankan dengan sistem Android 10, dengan prosesor Quad-core. Dilengkapi dengan built in GPS, tanpa peta. Tampilan layarnya memakai full capacitive touch screen 1280 x 720 yang memaksimalkan kualitas gambar yang ditampilkan. Fitur lainnya ada Bluetooth, mirrorlink, built in WiFi, rear-view camera input, steering wheel control, serta koneksi kabel RCA untuk audio dan video. Head Unit Android ini termasuk pilihan ekonomis yang bagus di kelasnya.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Pompa Angin Elektrik untuk Ban Mobil Berkualitas (Update 2024)
Head Unit Android 10inch DHD-7001
Harga mulai Rp 825.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 10 Quad-Core, highspeed 1.2GHz CPU
Layar 10 inci, 1280 x 720
Penyimpanan
Keunggulan Harga terjangkau
Kekurangan

 

  1. Head unit Android Embassy 10 Inch Memory 2/32Gb

Head unit Android Embassy 10 Inch

Kapasitas memori RAM 2GB dan memori internal 32GB, serta sistem operasi Android 10 merupakan tawaran dari Head Unit Android Embassy 10 Inch. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar satu jutaan. Selain fitur standar seperti built in WiFi, navigasi GPS, Bluetooth, multimedia dan mirrorlink, juga dilengkapai dengan sejumlah fitur lain yang lumayan, seperti tampilan Full HD 1080 dengan tampilan real TFT, input video 1/video 2, Hi Speed USB, dan NTSC/PAL auto compatible.

Head unit Android Embassy 10 Inch Memory 2/32Gb
Harga mulai Rp 1.050.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 10
Layar 10 inci, Full HD 1080, Real TFT
Penyimpanan RAM 2GB/32GB
Keunggulan NTSC/PAL auto compatible, tampilan layar Real TFT
Kekurangan

  1. Head Unit Android Orca ECO ADR – 9988 10inch Ram 2/32GB

Head Unit Android Orca ECO ADR - 9988

Orca merupakan merek yang cukup dikenal di pasaran Head Unit Android aftermarket. Android Head Unit Orca tersedia dalam berbagai tipe, dan head unit tipe ECO ADR-9988 ini kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan harga yang terjangkau, hanya berkisar satu jutaan sekian, Android ini punya beberapa fitur yang menarik. Di antaranya kontrol equalizer audio yang dapat disesuaikan, built in flash memory, kemampuan menyimpan stasiun radio favorit, terintegrasi dengan Google Maps dan Playstore, dan lain-lain.

Lalu untuk urusan tampilan layar, Orca ECO ADR-9988 ini hadir dengan resolusi layar 1024 x 600 HD, yang mendukung 5-point touch screen. Pencahayaan layar juga dapat diatur sesuai keinginan. Berukuran 10 inci dan beresolusi tinggi, layar ini mendukung tampilan Full HD 1080 dengan UI interface yang ramah pengguna alias mudah dioperasikan. Tentu saja, Head Unit Android ini juga mendukung fitur mirrorlink dan steering wheel.

Head Unit Android Orca ECO ADR – 9988 10inch Ram 2/32GB
Harga mulai Rp 1.300.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android (versinya tidak disebutkan)
Layar 10 inci IPS, 1024 x 600 HDS, Full HD 1080
Penyimpanan RAM 2GB/32GB
Keunggulan Tampilan antarmuka yang mudah
Kekurangan

 

  1. Head Unit Android Sansui SA5202i

Head Unit Android Sansui SA5202i

Dari beberapa rekomendasi yang kami berikan, Head Unit Android terbaik Sansui SA5202i adalah yang paling murah harganya, saat artikel ini ditulis. Hanya berkisar 500 ribuan saja. Meski begitu, fiturnya tidak kalah dengan head unit yang lebih mahal. Head unit ini sudah mendukung fitur mirrorlink (autolink) untuk Android dan iPlay untuk iPhone. Bisa digunakan untuk hiburan menonton Youtube, navigasi Google Maps, streaming siaran teve, mendengarkan radio, dan lain-lain. Sudah dilengkapi pula dengan EQ 10 Band yang dapat diatur sesuai keinginan Anda. Tak ketinggalan, Head Unit Android deckless Sansui SA5202i ini juga sudah dilengkapi dengan video out untuk monitor headrest, sehingga Anda bisa berbagi tayangan dengan para penumpang Anda di belakang. Jadi kapan lagi Anda bisa dapatkan Head Unit Android murah dengan segudang fitur seperti Sansui SA5202i ini?

Head Unit Android Sansui SA5202i
Harga mulai Rp 555.000,-
Sistem operasi dan Prosesor
Layar 6,95 inci LCD touch screen
Penyimpanan
Keunggulan Harga sangat terjangkau
Kekurangan

 

  1. Head Unit Android Orca ADR-9988 7inch

Head Unit Android Orca ADR-9988 7inch

Ini adalah Android Head Unit merek Orca lainnya yang kami rekomendasikan. Berukuran lebih kecil dari rekomendasi head unit Orca sebelumnya pada nomor delapan, yakni 7 inci dengan memori bawaan RAM 1GB/16GB saja. Otomatis harganya pun dibanderol lebih murah dibandingkan dengan yang pertama. Hadir dengan layar anti gores IPS, dengan resolusi tampilan 1024×600. Kecerahan layar juga dapat diatur-atur sesuai keinginan. Fitur standar lain sudah pasti ada, seperti pengintegrasian dengan Google Maps dan Google Playstore, pengunduhan aplikasi, penjelajahan laman web dan bermain gim. Melihat fail-fail seperti audio, video dan gambar/foto juga bisa. Pembaca USB flash drive. Stasiun radio favorit dapat disimpan, dukungan rearview camera, dan EQ audio yang dapat dikontrol. Serta tampilan antarmuka yang ramah pengguna menambah kelebihan head unit satu ini.

Head Unit Android Orca ADR-9988 7inch
Harga mulai Rp 790.000,-
Sistem operasi dan Prosesor Android 10, Eco Series
Layar 7 inci, resolusi 1024 x 600, layar IPS
Penyimpanan RAM 1GB/16GB
Keunggulan Layar antigores, harga terjangkau
Kekurangan

 

Demikianlah rekomendasi Android Head Unit Terbaik yang bisa Anda pilih sebagai pelengkap multimedia bagi mobil Anda. Atau menggantikan head unit OEM mobil yang dirasa kurang mendukung fiturnya bagi kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kesesuaian produk head unit dengan mobil Anda, baik dari segi ukuran slot dasbor maupun kompatibilitasnya dengan ponsel pribadi Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk head unit yang tepat dan tidak mengecewakan.

Video Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *