10 Rekomendasi Mesin Pemotong Kain (Update 2023)

Best-seller.id Halo Sobat, semoga kabarmu senantiasa baik, sehat, bahagia dan penuh semangat berkarya positif. Pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai mesin pemotong kain sebagai sarana dukung Anda dalam berkarya. Mesin pemotong kain adalah salah satu alat yang difungsikan untuk mempercepat kinerja Anda dan menggantikan fungsi gunting manual. Ada banyak ragam dan jenis dari mesin pemotong kain tersebut, tentu tidak mudah memilih produk mana yang sesuai kebutuhan Anda. Oleh karena itu kami ulas dengan contoh gambar produk-produk tersebut.

Mesin pemotong kain yang beredar di pasaran memiliki banyak jenisnya, jika dilihat dari jenis pisaunya maka ada beberapa jenis, yaitu :

mesin pemotong kain

  • Straight Knife

Produk mesin pemotong dengan pisau jenis ini dapat memotong kain dengan hasil rapi, karena pisaunya berupa lembaran plat baja yang tajam dan lurus dengan ukuran mulai dari 5 inch hingga 14 inchi, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Dengan gerakan naik turun saat mesin pemotong ini digunakan, sehingga memungkinkan pemotongan pada kain yang sudah Anda tumpuk. Dan secara berkala berikan minyak antifusi agar produk ini tidak menyisakan benang atau tetap dapat memotong kain dengan optimal, jika tidak, kondisi panas pada mata pisau akan mengganggu kinerja mesin ini.

  • Round Knife

Produk ini adalah salah satu jenis mesin pemotong yang digunakan untuk memotong kain lurus. Dengan penggunaan yang mudah dan harga terjangkau, maka produk dengan pisau ini cukup populer dan diminati. Meski lapisan kain yang terpotong sangat terbatas, namun cukup diminati karena bentuknya yang ringkas menjadikan mesin pemotong mudah Anda gunakan oleh pemula sekalipun. Produk ini dilengkapi dengan pisau yang berdiameter 6 hingga 30 centimeter.

  • Band Knife

Bagi Anda yang menginginkan pemotongan kain dengan pola kecil, Anda bisa memilih mesin potong dengan pisau jenis ini. Mesin pemotong ini bergerak statis sedangkan tumpukan kain harus digerakkan sesuai pola, dalam prosesnya Anda bisa memotong tumpukan kain tersebut dengan bentuk yang sama dan hasilnya akurat. Hal ini memudahkan Anda yang ingin memotong kain dengan pola detail tertentu.

  • Laser Cutting

Mesin pemotong kain dengan menggunakan teknologi laser ini adalah mesin potong dengan teknologi baru. Anda tidak perlu mendorong atau menggeser dengan tangan karena produk ini bekerja secara otomatis. Cukup diatur pola dan desain menggunakan komputer yang terhubung dengan mesin ini, maka mesin ini akan menyelesaikan pekerjaan Anda sesuai dengan pengaturan Anda di komputer tersebut. Dengan sinar laser yang dipancarkan bisa mencapai ketipisan 0.1 mm, memungkinkan Anda memotong kain dengan sangat presisi. Namun untuk harga yang ditawarkan relatif tinggi

  • Die Cutting Press

Mesin pemotong kain jenis ini adalah pilihan terbaik Anda yang ingin memotong kain dengan desain berlubang di tengah. Dengan tuas hidrolis yang disematkan pada produk ini Anda cukup menekannya untuk memotong bagian tengah suatu kain tanpa perlu menggunting bagian tepinya. Dan produk ini tidak membutuhkan daya listrik dalam mengoperasikannya.

“Baca Juga : 10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Update 2023)

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi mesin pemotong kain yang kami ulas dari berbagai sumber yang ada termasuk dari website resmi produk tersebut. Perhatikanlah detail dari produk tersebut agar Anda tidak salah membeli mesin pemotong kain. Dan karena produk ini adalah produk yang memiliki sisi tajam, maka perhatikanlah dalam proses pengoperasian produk mesin pemotong ini. Cukup berbahaya bagi Anda mengoperasikan mesin ini dalam kondisi lelah, karena bisa membahayakan jari tangan Anda. Semoga apa yang kami ulas dan tulis di bawah ini bermanfaat untuk Anda. Di bawah ini adalah produk-produk mesin pemotong bahan kain yang kami rekomendasikan.

10 Rekomendasi Mesin Pemotong Kain

  1. Kaesar Octa | Mesin Potong Bahan Kain Portable (RS 100)

Kaesar Octa Mesin Potong Bahan Kain Portable (RS 100) mesin potong kain terbaik

Produk mesin potong kain dari China ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan mesin potong yang tangguh dan dapat memudahkan Anda dalam memotong bahan-bahan yang ingin Anda jahit mengikuti pola yang Anda inginkan.

Baca Juga  Rekomendasi 7 VGA murah terbaik tahun 2023

Dengan pengoperasian mudah, aman, nyaman dan ringan. Selain itu produk pemotong kain ini sudah dilengkapi fitur pelindung sehingga jari-jari Anda lebih aman, karena jika tidak hati-hati dalam proses memotong kain, bisa saja pisau pemotongnya mengenai jari-jari Anda. Dengan model pisau octagonal tentu menjadikan Anda bekerja menggunakan alat pemotong lebih mudah meski di bagian sempit sekalipun. Dalam pembelian produk yang tergolong murah ini, Anda akan mendapatkan  mata pisau cadangan, 1 obeng L dan obeng pembuka mata pisau.

Namun sayang dalam pengoperasiannya, produk mesin potong kain ini masih menggunakan tangan dan didorong manual sehingga butuh ketrampilan khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi Anda yang masih pemula, diharapkan untuk sering menggunakan alat ini dalam Latihan, untuk mencapai hasil yang baik.

  1. Cheering | Mesin Potong Bahan Kain Servo (RCS-100)

Cheering Mesin Potong Bahan Kain Servo (RCS-100) mesin pemotong kain

Mesin potong yang diproduksi di China ini dengan mata pisau octagonal ini sangat membantu Anda dalam pengerjaan memotong bahan kain yang sulit dikerjakan dengan menggunakan gunting kain pada umumnya. Selain itu mesin potong ini juga menjadikan pekerjaan lebih fleksibel dalam memotong perca serta bagian-bagian kain yang sulit dikerjakan.

Mesin potong ini juga cukup ringan dibawa, hemat energi karena daya yang digunakan dalam pengoperasian produk ini tergantung dari pemakaiannya. Hal inilah yang menjadikan banyak pengguna beralih ke mesin ini dari gunting potong manual, terlebih mesin potong ini mudah digunakan meskipun oleh pemula. Selain itu produk ini juga sangat membantu penggunanya bermanuver dalam memotong bahan yang sedang dikerjakan.

Untuk mesin potong bahan kain servo RCS 100 ini dapat digunakan untuk memotong segala jenis bahan tipis hingga tebal seperti kain, kulit dan lain sebagainya, dengan ukuran maksimal adalah 3.5 inchi atau kurang lebih adalah 7 centimeter. Dengan mesin yang dapat bekerja pada daya 3.5-250 watt tentu tidak menjadikan Anda takut biaya listrik Anda membengkak secara tiba-tiba.

  1. TSM | Mesin Pemotong Bahan Kain (M-100)

TSM Mesin Pemotong Bahan Kain (M-100) mesin pemotong kain

Mesin pemotong bahan kain bermata pisau oktagonal ini diproduksi di Taiwan, mampu bekerja dalam daya 250 watt. Kelebihan mata pisau oktagonal adalah mampu bekerja pada bagian-bagian yang sempit/tipis sekalipun Mesin potong yang memudahkan Anda untuk memotong bahan-bahan yang hendak Anda jahit mengikuti lekukan pola.

Dengan mesin jahit yang ringkas, nyaman dan ringan digunakan ini memudahkan Anda dalam bermanuver dalam pekerjaan memotong bahan. Dan produk ini juga mendukung untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama dalam satu kali kerja, karena pada bagian mesin ini terdapat gulungan yang terbuat dari tembaga penuh, sehingga Anda tidak perlu kawatir mesin akan terbakar atau tidak awet ketika Anda pergunakan untuk mengerjakan bahan-bahan yang tebal sekalipun.

Mesin potong ini juga memiliki kemampuan memotong lapisan-lapisan bahan yang memiliki ketebalan hingga 3.5 inchi. Namun ada beberapa pengguna mengatakan kapasitas memotong terbilang sangat rendah bila dibandingkan produk lain dengan daya listrik yang sama.

“Baca Juga : 10 Rekomendasi Kacamata Las Terbaik (Update 2023)

  1. KM | Mesin Potong Bahan Kain Tegak 10 Inch (AU-V)

KM Mesin Potong Bahan Kain Tegak 10 Inch (AU-V) mesin pemotong kain

Mesin potong berteknologi Jepang namun produksi dari China ini adalah salah satu jenis mesin potong bahan kain industrial yang sangat membantu dalam pengerjaan pemotongan bahan sesuai pola dalam skala industri kecil hingga menengah. Karena nyatanya produk ini dapat digunakan untuk memotong kain dengan ketebalan kain ditumpuk hingga puluhan bahkan ratusan kain sekaligus dengan ketebalan tertentu yaitu kapasitas potong 21 mm menggunakan ukuran mata pisau 5 inch maupun yang 10 inch.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Harga Raket Badminton Murah Berkualitas Tahun 2023

Produk yang menggunakan daya listrik 500 watt ini perawatannya mudah dan sparepart-nya selalu tersedia dengan harga terjangkau. Dan untuk mesin potong ini menggunakan jenis straight knife yang cukup populer sehingga jika Anda ingin menjualnya setelah Anda gunakan tidak akan kesulitan mencari pembeli selama kondisinya masih bagus. Sehingga patut Anda pertimbangkan untuk memiliki produk mesin potong bahan kain ini.

Namun sayang meski sudah tergolong cukup banyak mampu memotong kain, masih tergolong kapasitas memotongnya cukup rendah, jika dilihat dari daya listrik yang digunakan cukup besar.

  1. YIFEI | Round Knife Cloth Cutting Cutter (YJ-65)

YIFEI Round Knife Cloth Cutting Cutter (YJ-65) mesin pemotong kain

Praktis dan ringkas pakai mesin potong kain kecil ini karena didesain dengan dimensi yang lebih ringkas dan ergonomis sehingga mudah digunakan. Dengan daya yang dibutuhkan adalah 150 watt dan menggunakan mata pisau berukuran 65 mm, yang mampu memotong ketebalan potongan hingga 22 mm, sehingga bisa digunakan untuk memotong kain tebal seperti bahan jeans.

Namun sayang produk ini kurang ergonomis pada handelnya sehingga menjadikan pengguna kurang nyaman dalam memegang mesin ini. Hal menyebabkan jika digunakan dalam jangka lama dalam satu pengerjaan kurang nyaman.

  1. Zino | Mesin Potong Kain (260)

Zino Mesin Potong Kain (260) mesin pemotong kain

Mesin potong kain ini adalah produk yang memudahkan Anda untuk memotong bahan-bahan kain yang hendak Anda jahit mengikuti rel sepanjang 2.8 meter dan bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Produk ini memang hanya bisa memotong satu arah saja, namun karena adanya rel tersebut menjadi potongan dijamin lurus dan rapi.

Dengan kebutuhan daya hingga 160 watt pemotongan kain menggunakan mesin ini bisa lebih cepat dan singkat, hal ini juga dikarenakan adanya rel yang disertakan tersebut. Oleh karena itu mesin potong ini tidak disarankan untuk memotong kain yang ada lekukannya, karena hal tersebut tidak dapat dilakukan dengan mesin ini. Sehingga hal tersebut cukup merepotkan jika Anda ingin memotong kain yang ada lekukannya.

  1. Mesin Potong Kain Rechargeable Hand Cutter (YJ-C50)

Mesin Potong Kain Rechargeable Hand Cutter (YJ-C50) mesin pemotong kain

Mesin potong kain ini sedikit berbeda dengan jenis mesin pemotong yang lain, dimana produk ini tidak menggunakan kabel sebagai jalur daya listriknya, melainkan menggunakan baterai sebagai sumber daya yang terhubung pada mesin potong kain.

Hal ini tentu memudahkan mobilitas alat ini dan hal ini juga menjadikan Anda lebih leluasa dalam proses pemotongan kain. Jika daya sudah melemah, Anda cukup melakukan isi ulang daya dengan mencolokkan kabel pada sumber daya listrik di ruang kerja Anda. Hal ini tentu menjadikan produk ini adalah produk yang praktis dan ringkas, bahkan tidak memakan tempat yang banyak. Dengan ukuran yang mungil dan pas digenggaman Anda, tentu menjadikan produk ini diminati banyak konsumen.

Dan hal ini tentu menarik bagi Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi menggunakan alat ini, semisal tukang jahit dan permak pakaian keliling. Namun perlu dipahami karena menggunakan daya dari baterai, menjadikan Anda harus mengisi ulang baterai pada mesin potong ini secara berkala, agar tidak kehabisan daya ketika Anda butuhkan nantinya.

“Baca Juga :¬† 10 Rekomendasi Pengeras Beton Terbaik (Update 2023)

  1. Mesin Plong Alat Press Potong Pola Bahan kain

Mesin Plong Alat Press Potong Pola Bahan kain mesin pemotong kain

Mesin plong atau alat potong bahan dengan alat ini pekerjaan seputar potong pola akan lebih efisien dan efektif. Mesin potong ini menggunakan pisau sesuai pola Anda, dan mesin ini biasanya digunakan untuk produsen masker scuba, sandal, sepatu, sarung HP, dan lain sebagainya, yang telah ada pola tertentu.

Baca Juga  10 Rekomendasi Baterai AA Terbaik (Update 2023)

Jadi semisal Anda ada contoh kain yang akan dipotong dengan pola tertentu dengan bentuk unik pun bisa asal ukurang luasnya tidak terlalu besar, bahkan dengan pola yang ada lubang di bagian tengah, maka produk ini juga cocok untuk Anda yang bekerja di industri skala rumahan.

Produk ini memang mesin potong pola bahan kain, namun dapat digunakan untuk memotong kulit, kertas, dan lainnya. Sehingga cukup menghemat biaya jika Anda menginginkan alat yang bisa digunakan untuk memotong bahan di luar kain.

  1. Yesun | Mesin Laser Cutting Digital Printing dan Industri Tekstil (JY-1814FQ2)

Yesun Mesin Laser Cutting Digital Printing dan Industri Tekstil (JY-1814FQ2) mesin pemotong kain

Mesin potong kain ini adalah jenis mesin potong kain otomatis yang dijamin akurat dan detail. Hal ini karena adanya sensor yang menjadikan mesin ini bekerja secara otomatis tanpa perlu digerakkan oleh tangan. Sehingga hasil potongan kain ini lebih rapi dan akurat. Pemotongannya pun menggunakan lasser cutting, yang memiliki keakurasian potongan hingga 0.01 milimeter.

Produk mesin potong ini cocok untuk industri rumahan yaitu industri pakaian bordir, sepatu, label kain, dan sejenisnya. Karena produk ini dapat digunakan untuk memotong semua jenis kain, plastik, kulit dll asalkan produk tersebut tidak mengandung bahan metal/besi).

Mesin laser cutting ini dapat digunakan untuk hasil akhir printing, pembuatan sepatu, tas, topi, plastik, kabel pakaian dan industri lainnya yang tidak mengandung besi. Namun sayang dengan segala kelebihan yang ada pada produk ini, menjadikan produk ini cukup mahal sehingga hanya cocok untuk industri besar.

  1. KM | Band Knife Cutting Machine (KBK-900M)

KM Band Knife Cutting Machine (KBK-900M) mesin pemotong kain

Mesin potong kain Bang Knife KBK 900M ini memiliki kecepatan pisau dalam memotong yang terlihat dari indikator digital dan mudah dikontrol oleh sistem inverter menurut jenis bahan kain yang dipotong, sehingga menghasilkan pemotongan yang halus. Produk ini dapat digunakan untuk memotong kain beberapa tumpukan sekaligus dengan rapi dan halus.

Pada mesin potong kain ini terdapat silikon yang berfungsi sebagai pendingin pisau yang mudah dipasang dan dilepas. Dan untuk pisau sendiri mudah dilepas dan dilonggarkan dengan kenop yang difungsikan sebagai kunci pisau. Semua itu disematkan pada mesin potong ini agar mesin dapat bekerja dengan baik, karena mesin potong kain ini mempunyai kapasitas yang sangat tinggi.

Hal ini memungkinkan Anda yang ingin bekerja lebih cepat dengan mesin pemotong ini. Dimana produk ini dapat digunakan dengan maksimum tumpukan kain mencapai 180 mm. Dengan dilengkapi meja yang cukup lebar sehingga semakin memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada Anda dalam proses pemotongan kain ini.

Namun dengan kemampuan yang luar biasa tersebut, produk ini membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi dengan harga yang cukup tinggi, namun tentu itu setara dengan kemampuan kerjanya dari mesin potong kain ini. Jadi bagi Anda yang menginginkan mesin potong skala industri, tentu produk ini bisa dijadikan pilihan Anda.

“Baca Juga : 10 Rekomendasi Cat Genteng Terbaik (Update 2023)

Demikian informasi kami mengenai mesin potong kain terbaik yang beredar di pasaran. Semoga ulasan kami mengenai mesin potong kain ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan mesin potong kain terbaik sesuai kebutuhan. Sesuaikan lah dengan kemampuan Anda juga dan skala kebutuhan Anda, karena semakin tinggi kualitas mesin potong biasanya seiring sejalan dengan harganya.

Telitilah satu persatu detail mesin potong kain tersebut termasuk dimensinya, agar Anda bisa memaksimalkan kerja Anda dalam pemotongan kain. Selain itu perhatikan juga mengenai pola potong mesin tersebut, karena tidak semua mesin dapat digunakan untuk pemotongan melengkuh, sehingga jika salah beli tentu itu akan menyulitkan Anda sendiri. Selamat berkarya positif, bekerja dan berbelanja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *