Merk MCB Terbagus

Rekomendasi 7 Merk Mcb Yang Bagus Tahun 2024

Best-seller.idMCB (Miniature Circuit Breaker) adalah alat pengaman instalasi listrik yang sering ditemukan di rumah, gedung perkantoran, hingga bangunan-bangunan besar. Alat ini berfungsi untuk membagi beban daya dan melindungi sistem listrik dari kerusakan. MCB umumnya terletak berdekatan dengan kWh meter PLN. Dalam suatu instalasi listrik, bisa jadi dibutuhkan merk MCB yang bagus tambahan untuk memastikan sistem listrik tetap aman dan terlindungi.

Terdapat banyak merk MCB yang populer dan berkualitas, seperti Schneider, Broco, Chint, Bright-G, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips bagi anda dalam memilih MCB listrik rumah terbaik, serta merekomendasikan beberapa merk MCB yang bagus dan berkualitas. Ada juga beberapa ukuran MCB listrik, seperti 900 watt dan 1.300 watt, yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda. Baca terus artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

“Baca Juga: Rekomendasi 7 Mesin Las Listrik 450 Watt Terbaik Tahun 2024

Cara Memilih MCB yang Bagus

Pemilihan MCB untuk instalasi listrik harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan bahwa MCB yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa MCB utama yang ada di bawah kWh meter PLN hanya boleh diganti oleh petugas yang berwenang. Untuk membantu Anda menemukan MCB listrik yang baik dan sesuai, simaklah penjelasan kami tentang cara memilihnya.

  1. Ketahuilah jenis-jenis MCB listrik
  • MCB Tipe B

Untuk tipe ini lebih cocok untuk dipakai pada penggunaan listrik rumahan maupun industri skala kecil. Karenanya MCK tipe ini akan secara otomatis trip ketika arus beban lebih besar tiga sampai lima kali dari arus maksimum MCB.

  • MCB Tipe C

Berbeda dan tipe sebelumnya, , Jika Anda sedang memasang instalasi listrik seperti untuk keperluan industri, penerangan gedung, atau sebagainya, pilihan terbaik adalah MCB tipe C. MCB tipe C akan trip atau memutuskan arus saat beban melebihi 5-10 kali dari arus maksimum MCB. MCB tipe C ini paling sering ditemukan di pasaran dan sudah banyak dipakai untuk instalasi listrik rumahan.

  • MCB Tipe D

Sedangkan untuk MCB tipe D sendiri digunakan untuk peralatan kelistrikan besar seperti mesin produksi dan mesin las, bisa menimbulkan lonjakan arus tinggi. Oleh karena itu, lebih direkomendasikan untuk menggunakan MCB tipe D. MCB tipe D akan secara otomatis memutuskan arus saat beban melebihi 10-25 kali dari nilai maksimum MCB.

  1. Pilih MCB sesuai daya listrik
Baca Juga  Rekomendasi 7 Drone Murah Terbaik Tahun 2024

Jangan sampai kelupaan dengan yang satu ini. Jika Anda ingin membeli MCB listrik, perhatikan besaran daya listrik yang mengalir di rumah Anda. Pembelian MCB tambahan yang nilai ampere-nya melebihi MCB utama pada kWh meter PLN dapat membuat fungsi pemutus arus listrik otomatis tidak bekerja saat terjadi kelebihan beban atau korsleting, sehingga bisa menimbulkan bahaya.

Untuk mengetahui ukuran ampere MCB, perhatikan kode huruf dan angka pada bagian muka MCB. Kode C2 misalnya menunjukkan bahwa MCB bernilai 2 ampere. Arus maksimal yang bisa ditangani MCB bisa diketahui dengan mengalikan arus ampere MCB dengan tegangan PLN 220 V. Berdasarkan daya listrik, beberapa tipe MCB direkomendasikan.

  • MCB C2, untuk daya listrik 450 VA

Untuk rumah dengan daya listrik 450 VA, disarankan menggunakan MCB dengan kapasitas maksimal 2 ampere, yaitu dengan kode C2. Penggunaan MCB ini akan memastikan bahwa sistem proteksi bekerja dengan optimal dan membantu membagi instalasi listrik. Contohnya, MCB C2 dapat digunakan untuk peralatan dapur seperti pompa air listrik, rice cooker, atau kulkas.

  • MCB C4, untuk daya listrik 900 VA

Rumah dengan daya listrik 900 VA memerlukan MCB dengan ukuran ampere 4. Anda bisa memilih MCB dengan ukuran 1-4 ampere untuk menambah instalasi listrik. MCB ini dapat digunakan untuk membagi beban antara peralatan seperti televisi, kulkas, komputer, setrika, dan pompa air, dll.

  • MCB C6, untuk daya listrik 1.300 VA

Rumah dengan daya listrik 1.300 VA memerlukan MCB dengan ukuran maksimal 6 ampere. Pilih MCB listrik dengan ukuran 1-6 ampere untuk membagi beban daya dari peralatan elektronik yang ada di rumah. Instalasi MCB tambahan ini sangat cocok untuk rumah berdaya 1.300 VA.

“Baca Juga: Rekomendasi 7 Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik Tahun 2024

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika akan memilih MCB yang bagus dan berkualitas, kalau begitu langsung saja yuk kita ke rekomendasi produknya. Scroll kebawah ya!

7 Rekomendasi Merk MCB Terbagus 2024

  1. New Pallas MCB DZ47-63

New Pallas MCB DZ47-63 Merk MCB terbagus

New Palass MCB DZ47-63 masuk sebagai merk MCB yang bagus. Jika Anda mencari MCB listrik dengan harga terjangkau, merk New Pallas inilah pilihan yang tepat. MCB ini terkenal sebagai produk MCB dengan harga ekonomis dan mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga  7 Rekomendasi Produk Apple Terbaik

Walaupun harganya terjangkau, MCB New Pallas sudah memiliki sertifikasi SNI dan LMK sehingga memastikan tingkat keamanan yang baik. Pilihan daya ampere yang ditawarkan juga beragam, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan proteksi instalasi listrik Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas dan keamanan dari produk ini.

  1. MeiLan RiLan MCB SZMR SZC 45a

MeiLan RiLan MCB SZMR SZC 45a merk mcb terbagus

Untuk memenuhi kebutuhan MCB listrik yang ekonomis, berkualitas, dan memiliki beragam ukuran ampere, merk MeiLan RiLan dapat menjadi pilihan yang baik. MCB SZMR menjadi salah satu produk dengan penjualan terbanyak di e-commerce, menunjukkan bahwa merk ini sudah populer dan mudah ditemukan.

Bagi Anda yang membutuhkan sakelar pengaman instalasi listrik untuk rumah maupun gedung perkantoran, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan harga ekonomis dan kualitas berkualitas, Anda dapat memastikan keamanan instalasi listrik Anda.

  1. Shukakku Bright-G MCB BG-888

Shukakku Bright-G MCB BG-888 merk mcb terbagus

Bright-G adalah salah satu merk MCB yang dikeluarkan oleh perusahaan Shukaku, yang sudah terkenal memproduksi berbagai peralatan listrik. Dengan harga yang ekonomis dan nama besar Shukaku, produk MCB listrik dari Bright-G patut dipertimbangkan sebagai pilihan. MCB ini menawarkan beragam ukuran ampere yang dapat memenuhi kebutuhan proteksi instalasi listrik baik rumah maupun gedung perkantoran. Anda bisa memilih daya ampere yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Chint MCB 6kA NXB-63

Chint MCB 6kA NXB-63 merk mcb terbagus

Chint MCB 6kA NXB-63 merupakan MCBs yang mampu memberikan lampu indikator jarang ditemukan. Pilihlah MCB merk Chint untuk kenyamanan melihat posisi sakelar dalam kondisi minim cahaya. MCB Chint memiliki material berkualitas tinggi dan finishing yang rapi. Selain itu, mereka juga memberikan garansi produk selama dua tahun. Dengan penawaran garansi yang cukup lama tentunya membuktikan akan ketahanan, keamanan serta kualitasnya yang bagus bukan. apa anda tertarik dengan MCB yang satu ini?

  1. Marlin Gerin MCB Multi 9C32N

Marlin Gerin MCB Multi 9C32N merk mcb terbagus

MCB merk Merlin Gerin sangat terkenal di Indonesia. Dari beberapa merk yang digunakan PLN, MCB Merlin Gerin paling sering ditemukan di rumah-rumah yang terhubung dengan listrik PLN.

Baca Juga  Rekomendasi 7 STB Murah Terbaik Tahun 2024

Ini adalah pilihan yang baik untuk melindungi instalasi listrik tambahan, baik pada daya kecil maupun yang lebih besar. Jika Anda menginginkan MCB listrik rumah yang terpercaya dan banyak dipakai oleh PLN, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat!

  1. Schneider Electric MCB Domae

Schneider Electric MCB Domae merk mcb terbaik

Kami merekomendasikan MCB Domae dari Schneider jika Anda mencari MCB listrik terbaik dengan memperhatikan kualitas dan reputasinya. Schneider merupakan merk terkemuka dalam dunia kelistrikan. MCB yang digunakan pada kWh meter PLN juga dikenal sebagian besar menggunakan produk dari perusahaan Prancis ini. MCB ini juga didesain dengan locking clip yang berkualitas dan lebih kuat.

  1. Himel MCB 3 Pole C 6kA

Himel MCB 3 Pole C 6kA merk mcb terbagus

MCB terbaik selanjutnya datang dari Merk Himel yang mungkin kurang dikenal, meskipun sudah ada sejak tahun 1958. Jika Anda ingin mencoba merk alternatif, MCB Himel dari Spanyol adalah pilihan yang baik.

Fungsi utama dari MCB Himel adalah sebagai sakelar proteksi dan kualitasnya telah diakui melalui sertifikasi internasional. Tersedia dalam berbagai ukuran, MCB Himel cocok untuk digunakan baik di rumah maupun industri. Bisa kita ketahui bahwa MCB tipe ini adalah MCB yang di gunakan untuk kebutuhan listrik yang rendah saja.

 “Baca Juga: Rekomendasi 7 Spray Gun Terbaik Tahun 2024

Penutup

Sampailah kita di penghujung artikel kali ini, Untuk memastikan keselamatan instalasi listrik rumah, MCB listrik harus dipilih dengan benar. Fungsinya adalah untuk melindungi dari kelebihan beban dan korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran. Penggunaan MCB tambahan diperlukan agar peralatan elektronik dan sistem listrik rumah lebih terlindungi.

Dengan mempertimbangkan tips dan rekomendasi MCB terbaik, Anda dapat memilih merk MCB yang bagus, tepat dan berkualitas untmeruk melindungi rumah Anda. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami lainnya untuk mendapatkan informasi rekomendasi produk yang sedang anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *